Clarisawati, . (2024) Penggunaan Media Pembelajaran ICT Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas VIII SMP N 8 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Clarisa Wati.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi akan sangat menunjang upaya-upaya pembaruan dalam pemanfaatan hasil-hasil teknologi dalam proses belajar Pendidikan Agama Islam. Fungsi guru khususnya dalam memperlancar pengaturan proses pembelajaran. Permasalahan dalam penelitian ini ialah dengan melihat dari hasil ulangan harian yang dilakukan oleh Guru PAI di SMP N 8 Metro, didapati hasil bahwa masih kurangnya pemahaman materi oleh siswa. Sehingga membuat peneliti memutuskan untuk melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan penggunaan media pembelajaran ICT.
Rancangan penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), untuk mengetahui penerapan media pembelajaran ICT melalui penggunaan media video dalam meningkatkan hasil belajar pada Pelajaran PAI. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pretest-Posttest Control Group Design. dalam penelitian ini, peneliti mengambil lokasi di SMP N 8 Metro kelas VIII A. Variabel penelitian dalam skripsi ini yaitu : Variabel Bebas dan Variabel Terikat. Subjek penelitian yang bersumber dari SMP Negeri 8 Metro yaitu guru PAI dan 32 siswa kelas VIII, sedangkan objek dalam penelitian ini dilakukan pada siswa Kelas VIII A SMP N 8 Metro. Metode dalam pengumpulan data, yaitu: observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen Pengumpulan Data, dibagi menjadi dua bagian, yaitu: lembar observasi dan tes tertulis. Teknik analisis data, dengan cara membandingkan hasil tes awal dan akhir guna menguji data tes hasil belajar siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terkait dengan penelitian tindakan kelas siklus I dan siklus II yang dilakukan oleh penulis dan pendapat dari para ahli, menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran ICT dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam materi SKI Kelas Vlll SMP Negeri 8 Metro Kec Metro Utara Kota. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II. Mengingat target pencapaian hasil belajarnya sebesar 75% dan ternyata ketuntasan hasil belajar pada siklus II mecapai 83,87%. Dengan demikian hipotesis yang diajukan oleh penulis dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 8 Metro terbukti dan dapat diterima oleh guru. Selanjutnya penggunaan media ICT dapat digunakan oleh guru SMP Negeri 8 Metro.
Kata Kunci : Media Pembelajaran ICT, Hasil Belajar dan PAI.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Fandy Hidayat . |
Date Deposited: | 07 Aug 2024 02:36 |
Last Modified: | 07 Aug 2024 02:36 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9965 |
Actions (login required)
View Item |