Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Strategi Pengembangan B Fried Chicken Exprezz Pasca Masa Pandemi Covid-19 Di 15A Metro

Fadilah, Wulan (2024) Analisis Strategi Pengembangan B Fried Chicken Exprezz Pasca Masa Pandemi Covid-19 Di 15A Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
WULAN FADILAH.pdf - Other

Download (5MB)

Abstract

Wabah covid-19 yang telah menginfeksi hampir seluruh dunia berdampak pada semua sektor baik itu sosial, ekonomi maupun politik. Dampaknya sangat berpengaruh besar, UMKM sebagai salah satu sektor ekonomi yang memiliki kontrbusi besar dalam menyerap 97% tenaga kerja dari 99% lapangan kerja menjadi salah satu penyebab menurunnya kinerja ekonomi Indonesia. Seiring membaiknya keadaan terdapat berbagai tantangan yang dihadapi di masa pemulihan karena itu memerlukan strategi khusus dalam pemulihan.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yaitu penelitian yang dilakukan dilapangan atau di lokasi penelitian langsung. Adapun metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan sumber data primer yang meliputi wawancara dan dokumentasi. Wawancara yang dilakukan terhadap pemilik dan karyawan B Fried Chicken Exprezz di 15A. Adapun sumber data sekunder yaitu berasal dari referensi yang ada serta literatur buku-buku, jurnal dan skripsi terdahulu. Adapun objek penelitian dalam ini yaitu analisis tantangan dan strategi pengembangan UMKM pasca masa pandemi covid-19 di 15A, Iringmulyo.

Hasil penelitian di lapangan menyatakan bahwa tantangan yang dihadapi BFC yaitu ketatnya persaingan usaha dalam pemulihan bisnis, kemudian keragaman kuliner membuat perubahan selera konsumen, serta perubahan harga bahan baku yang mempengaruhi dalam menetapkan harga. Adapun beberapa strategi yang digunakan dalam mengembangkan usaha diantaranya menjaga kualitas produk dan melakukan inovasi produk sebagai variasi menu baru, melakukan promosi secara efektif melalui media social, bermitra dengan layanan food-delivery untuk menjangkau konsumen lebih luas, serta melakukan diskon atau promo yang menarik konsumen.
Kata kunci: Tantangan, Strategi Pengembangan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 02 Aug 2024 01:47
Last Modified: 02 Aug 2024 01:47
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9968

Actions (login required)

View Item View Item