Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengingat Peserta Didik Kelas 5 Pada Mata Pelajaran PAI Di UPTD SD Negeri 1 Sriminosari

Qusna, Sofi Zauharotul (2024) Pengaruh Metode Bernyanyi Terhadap Kemampuan Mengingat Peserta Didik Kelas 5 Pada Mata Pelajaran PAI Di UPTD SD Negeri 1 Sriminosari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
Sofi Zauharotul Qusna.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Metode bernyanyi adalah metode pembelajaran yang diterapkan dengan cara bernyanyi, dengan suara yang merdu, nada yang enak didengar dan menggunakan kata-kata yang mudah untuk diingat.

Kemampuan mengingat merupakan kemampuan otak anak untuk menangkap, menginternalisasi, menyimpan, dan mengulang informasi atau pengalaman yang pernah dilihat atau dialami oleh anak.

Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh pada metode bernyanyi yang digunakan guru dalam pembelajaran PAI terhadap kemampuan mengingat peserta didik kelas 5 di UPTD SD Negeri 1 Sriminosari?”. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat peserta didik kelas 5 pada mata pelajaran PAI di UPTD SD Negeri 1 Sriminosari.

Penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah penelitian kuantitatif, populasinya yaitu seluruh peserta didik kelas 5 dengan sampel 40 peserta didik kelas 5 dan teknik pengambilan sampel yang digunakan oleh peneliti yaitu teknik sampling jenuh. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, tes uraian dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan rumus Korelasi Pearson Product Moment.

Berdasarkan analisisnya, data yang diperoleh menggunakan perhitungan rumus Korelasi Pearson Product Moment oleh peneliti didapatkan harga Korelasi Product Moment rhitung (rxy) sebesar 0,973 sedangkan harga rtabel pada tabel dengan taraf signifikansi 5% adalah sebesar 0,320. Berdasarkan hasil tersebut maka nilai rhitung (rxy) lebih besar dari pada nilai rtabel sehingga hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh antara metode bernyanyi terhadap kemampuan mengingat peserta didik kelas 5 pada mata pelajaran PAI di UPTD SD Negeri 1 Sriminosari.
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Kemampuan Mengingat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Fandy Hidayat .
Date Deposited: 12 Aug 2024 00:06
Last Modified: 12 Aug 2024 00:06
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9977

Actions (login required)

View Item View Item