Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Mempertahankan Eksistensi Rumah Makan (Studi Kasus: Rumah Makan Barakah 15a Kota Metro)

Alfatonah, Iva Malika Frimudya (2022) Strategi Mempertahankan Eksistensi Rumah Makan (Studi Kasus: Rumah Makan Barakah 15a Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img] PDF
IVA MALIKA FRIMUDYA ALFATONAH -- 1702040037 - Si Mpaa.pdf - Other

Download (4MB)

Abstract

Mempertahankan usaha atau bisnis merupakan suatu hal yang sulit bagi pelaku usaha dibandingkan ketika memulai membangun atau mendirikan usaha. Mempertahankan eksistensi dalam usaha bukanlah hal yang mudah dibutuhkan strategi dalam berbisinis untuk mendukung kelancaran usaha, strategi adalah sarana bersama dengan tujuan jangka panjang yang hendak dicapai. Salah satu strategi yang digunakan ialah melalui marketing mix 7P yakni product (produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), people (sumber daya manusia), process (proses), serta physical evidence (bukti fisik). Oleh karena itu, peneliti melakukan penelitian ini guna mengetahui bagaimana Strategi Mempertahankan Eksistensi rumah makan Barakah.

Penelitian yang diterapkan merupakan penelitian lapangan (field research) yang sifatnya deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan pada penelitian ini terdiri dari sumber data primer yang diperoleh menggunakan metode purposive sampling dan sumber data sekunder. Sata yang dikumpulkan berupa data dari hasil wawancara kepada pemilik rumah makan juga konsumen dari Rumah Makan Barakah.

Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa strategi dalam mempertahankan eksistensi rumah makan Barakah secara garis besar sudah cukup baik. Hal ini diketahui dengan penerapan strategi pemasaran berupa menetapkan tiga unsur utama pemasaran yakni segmentasi, targetting juga positioning. Selain itu, jika dilihat dari bauran produk, rumah makan barakah sudah berinovasi tidak hanya menjual makanan siap saji yang untuk harian saja tetapi juga menawarkan menu untuk beberapa acara besar. Selanjutnya dengan bauran harga, dimana harga yang ditawarkan juga tebilang murah tetapi dengan porsi dan rasa yang tidak mengecewakan. Selanjutya yaitu bauran tempat atau saluran distribusi melalui delivery untuk pemesanan tertentu. Untuk Strategi promosi masih perlu ditingkatkan kembali terutama dalam hal mengiklankan produk supaya dikenal lebih luas lagi. Untuk bauran sumber daya manusia dan bauran proses sudah baik namun dalam bauran fisik perlu ditingkatkan kembali dalam hal packaging produknya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Syarif Mahendra .
Date Deposited: 08 Oct 2024 07:14
Last Modified: 08 Oct 2024 07:14
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9981

Actions (login required)

View Item View Item