Putri, Liviana (2022) Strategi Marketing dalam Menarik Minat Calon Jama'ah Haji pada Yayasan Baitut Tamwil di Pringsewu. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Liviana Putri 1804010012 - Liviana Putri.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Negara Indonesia yang merupakan Negara mayoritas penduduknya menganut agama Islam, dari tahun ke tahun terlihat keinginan masyarakat untuk menunaikan rukun Islam yang kelima yaitu menunaikan ibadah Haji bertambah besar. Pengelolaan Haji di Indonesia dilakukan oleh pemerintah dan swasta. Dari segi pemerintah, Kementerian Agama “bekerja sama dengan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) untuk mengelola jama’ah haji. Setiap perusahaan seperti KBIH tentu mempunyai tujuan untuk dapat tetap hidup dan berkembang. Tujuan ini hanya dapat pemasaran, hal ini juga dilakukan KBIH Baitut Tamwil Pringsewu.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi marketing yang dilakukan oleh Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) pada Yayasan Baitut Tamwil Pringsewu dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penerapan marketing Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) pada Yayasan Baitut Tamwil Pringsewu.”Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif dan sifat penelitiannya bersifat deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara dan dokumentasi. Data hasil temuan digambarkan secara deskriptif dan dianalisis menggunakan cara berpikir induktif.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi marketing jasa haji KBIH Baitut Tamwil Kabupaten Pringsewu merupakan implementasi strategi marketing yang menggabungkan empat elemen bauran marketing kedalam suatu program marketing agar dapat meningkatkan jumlah jama’ah haji pada jasa haji KBIH Baitut Tamwil Kabupaten Pringsewu. product, price, promotion, dan place. Pada strategi produk yang diutamakan adalah jasa sebuah pelayaan. Pada strategi harga mengikuti aturan dari pemerintah. Pada strategi dilakukan dengan promosi mulut ke mulut dari para alumni jama’ah haji Pada strategi lokasi, letaknya cukup strategis karena kantornya berada lingkungan Masjid Jami’ KH. Shobiri yang cukup terkenal di daerah sekitar dan aksesnya sudah bagus karena jalannya sudah aspal semua. Faktor pendukung dari strategi marketing KBIH Baitut Tamwil Pringsewu dalam menari minat calon jama’ah yaitu loyalitas jama’ah haji, adanya ikatan alumni jama’ah haji, dan pemberian pelayanan yang maksimal. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu banyaknya pesaing dan tidak digunakannya pemasaran secara online.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Manajemen Haji dan Umroh |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen Haji dan Umroh |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:16 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:16 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9982 |
Actions (login required)
View Item |