Siyah, Nindi Septi (2022) Pemanfaatan Media Boneka Jari dalam Mengembangkan Keterampilan berbicara Anak Usia Dini di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Wonosari Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
PDF
Nindi Septi Siyah NPM. 1801031011-1 - Nindi Septi.pdf - Other Download (2MB) |
Abstract
Keterampilan berbicara merupakan keterampilan anak dalam mengekspresikan, menyatakan, serta menyampaikan ide, pikiran, gagasan, atau isi hati kepada orang lain dengan melalui pengucapan, pembetukan kosa kata dan pembentukan kalimat yang dapat dipahami oleh orang lain. Bicara merupakan bentuk komunikasi yang paling efektif, penggunaannya paling luas dan paling penting. Dalam mengembangkan keterampilan berbicara yang dilakukan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Wonosari Lampung Timur yaitu menggunakan media boneka jari. Penelitian yang dilakukan ini memiliki tujuan untuk mengetahui pemanfaatan media boneka jari dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak serta faktor penghambat dan pendukung pemanfaatan media boneka jari dalam mengembangkan keterampilan berbicra anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Wonosari Lampung Timur.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, yang berlokasikan di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Wonosari Lampung Timur. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode penggumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data digunakan triangulasi sumber dan tiangulasi teknik, dalam menganalisis data menggunakan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan.
Berdasarkan dari hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa: 1) Pemanfaatan media boneka jari dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak di TK Aisyiyah Bustanul Athfal Wonosari Lampung Timur yaitu dengan media boneka jari keterampilan berbicara anak dapat berkembang dilihat dari anak dapat berdiskusi dan menjawab pertannyaan guru, siswa dapat bercerita kembali mengenai cerita yang sudah dibawakan, 2) Faktor yang menjadi penghambat pemanfaatan media boneka jari dalam mengembangkan keterampilan berbicara anak yaitu fokus anak dalam pembelajaran dan kurangnya jumlah serta varian karakter media boneka jari. Faktor yang dapat mendukung yaitu wawasan pengetahuan yang luas dan pengalaman guru dalam memanfaatkan media boneka jari, adanya kerja sama antar guru dalam proses pembelajaran, kelengkapan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Syarif Mahendra . |
Date Deposited: | 08 Oct 2024 07:21 |
Last Modified: | 08 Oct 2024 07:21 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/9991 |
Actions (login required)
View Item |