Peran Guru Aqidah Akhlaq dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik di MTs N 2 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019

Amrulloh, Azis (2020) Peran Guru Aqidah Akhlaq dalam Pembinaan Karakter Peserta Didik di MTs N 2 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Azis Amrulloh NPM. 14113851-min - Perpustakaan IAIN Metro.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam lingkungan keluarga, orang tua mempunyai peranan yang sangat penting dalam membina kepribadian dan membentuk karakter generasi bangsa, khususnya anak-anak mereka, dalam lingkungan sosial masyarakat juga mempunyai andil dalam membina kepribadian dan membentuk karaktergenerasi muda, sedangkan dalam lingkungan sekolah, guru yang mempunyai tugas dan wewenang dalam membina dan membentuk karakter siswa, yaitu karakter yang seluruh aspek-aspeknya yakni baik tingkah laku luarnyanya, kegiatan-kegiatan jiwanya, maupun filsafathidup dan kepercayaanya menunjukkan pengabdian kepada Allah SWT. Kenyataan tersebut memberikan peluang bagi seorang guru untuk memberikan peranannya dalam usaha membentuk karakter siswa. Guru adalah orang dewasa yang bertanggung jawab untuk memberikan pertolongan pada peserta didiknya dalam perkembangan jasmani dan rohaninya agar mencapai tingkat kedewasaannya, mampu mandiri dalam memenuhi tugasnya sebagai seorang hamba dan khalifah Allah SWT, serta mampu melaksanakan tugasnya sebagai makhluk sosial dan sebagai makhluk individu yang mandiri.

Rumusanmasalah pada penelitian ini adalah “Bagaimanakah peran guru Aqidah Akhlaq dalam membina karakter peserta didik di MTs Negeri 2 Lampung Timur”. Adapun tujuan penelitianiniadalahuntukmengetahuiperan guru Aqidah Akhlaq dalam membina karakter peserta didik di MTs Negeri 2 Lampung Timur.Penelitian yang penelitilakukanadalahpenelitian deskriptif kualitatif, dengan mengambil latar MTs Negeri 2 Lampunng Timur, pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi.Sedangkan teknik analisis datanya menggunkan analisis deskriptif kualitatif.

Berdasarkan analisis, data yang diperoleh menggunakan analisis deskkriptif kualitatif peran guru aqidah akhlaq di MTs Negeri 2 Lampung Timur dalam membina karakter sangat banyak sekali namun yang menonjol antara lain adalah, memberi motivasi,memberi bimbingan,memberi latihan pembiasaan. Cara guru aqidah akhlak dalam membentuk karakter peserta didik di MTs Negeri 2 Lampung Timur adalah dengan cara penanaman nilai-nilai karakter secara umum, nilai yang dimaksud yaitu, nilai religius, nilai kejujuran, nilai toleransi, nilai kedisiplinan, nilai kerja keras, nilai kreatif, nilai kemandirian, nilai demokratis, nilai rasa ingin tahu, nilai semangat kebangsaan, nilai cinta tanah air, nilai menghargai prestasi, nilai bersahabat/komunikatif, nilai cinta damai, nilai gemar membaca, nilai peduli lingkungan, nilai peduli sosial dan nilai tanggung jawab. Di MTs Negeri 2 Lampung Timur Penanaman 18 Nilai Karakter secara Umum Tersebut sudah terpenuhi semua walaupun belum sempurna prosesnya baik dalam proses KBM di kelas maupun dalam lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Jan 2020 06:35
Last Modified: 17 Jan 2020 06:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1091

Actions (login required)

View Item View Item