Strategi Dakwah Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an dalam Meningkatkan Kecintaan Santri Membaca Al-Quran

Rizki, Runtut Kurnia (2018) Strategi Dakwah Pondok Pesantren Hidayatul Qur’an dalam Meningkatkan Kecintaan Santri Membaca Al-Quran. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI RUNTUT KURNIA RIZKI 13106296.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Menyampaikan dakwah bukanlah hal yang mudah, diperlukan strategi yang tepat agar apa yang da’i sampaikan dapat di terima oleh mad’u. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi dakwah yang digunakan oleh Pondok pesantren Hidayatul Qur’an dan mengetahui faktor pendukung dan penghambat pondok pesantren Hidayatul Qur’an dalam meningkatkan kecintaan santri membaca Al-Qur’an.

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifatdeskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi kemudian data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode berfikir induktif.

Hasil dari penelitian ini adalah 1) Strategi dakwah yang digunakanoleh Pondok pesantren Hidayatul Qur’an terbagi menjadi tiga tahap, tahap yang pertama adalah mempelajari ilmu tajwid, tahap yang kedua adalah membaca Al-Qur’an satu hari satu juz (tilawah one day one juz) dan menghafal Al-Qur’an. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang dilakukan peneliti, santri Pondok pesantren Hidayatul Qur’an ini memiliki kesadaran yang tinggi akan tanggung jawabnya sebagai santri dan telah memiliki rasa cinta dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini dapat dilihat dengan setiap harinya santri tilawah satu hari satu juz, tanpa di perintah mereka sudah mengerjakannya, bacaan Al-Qur’an yang lebih baik dari awal pertama kali datang ke Pondok pesantren hal ini didukung dengan adanya program ilmu tajwid untuk memperindah bacaan, hafalan yang semakin meningkat, karena santri mengikuti program menghafal Al-Qur’an.hal ini yang sangat di harapkan untuk menjai generasi penerus yang B 5 yaitu: Berilmu, Beriman, bertakwa, Berakhlak mulia dan berguna bagi orang lain. 2) Faktor pendukung aktivitas dakwahpodok pesantren Hidayatul Qur’an di antaranya: a) Ustadz dan Ustadzah yang loyalitas dan memiliki tanggung jawab dalam membimbing santri, b) Strategi yang digunakan mudah di mengerti oleh santri dan c) Lingkungan Pondok pesantren yang mendukung. 3) Faktorpenghambat aktivitas dakwah diantaranya: a) minimnya sarana dan prasarana Pondok pesantren, b) kerakter santri yang berbeda-beda, sehingga ustadz dan ustadzah harus mampu memahaminya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 17 Jan 2020 06:53
Last Modified: 17 Jan 2020 06:53
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1095

Actions (login required)

View Item View Item