Urgensi rahasia bank sebagai bentuk perlindungan nasabah

Muhaimin, Eka (2019) Urgensi rahasia bank sebagai bentuk perlindungan nasabah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 131.FEBI.2019.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Nasabah bagi bank adalah hal yang sangat di prioritaskan. Bank dikatakan maju ketika bank memiliki kepercayaan yang besar dari nasabah. Untuk meningkatkan kepercayaan nasabah, bank melakukan segala bentuk tindakan, termasuk tindakan yang sudah di atur dalam Undang-Undang. Nasabah yang mempercayakan dana simpanannya kepada bank harus mendapatkan perlindungan hukum dari tindakan yang dapat merugikan nasabah sehingga dibuatlah aturan khusus yang melarang bank untuk memberikan keterangan mengenai nasabah penyimpanan dan simpanannya kepada pihak lain kecuali di dalam Undang-Undang.Salah satu faktor untuk dapat memelihara dan meningkatkan kadar kepercayaan masyarakat terhadap suatu bank pada khususnya dan perbankan pada umumnya ialah kepatuhan bank terhadap kewajiban rahasia bank. Maksudnya adalah menyangkut dapat atau tidaknya bank dipercaya oleh nasabah yang menyimpan dananya dan/atau menggunakan jasa-jasa lainnya dari bank tersebut untuk tidak mengungkapkan keadaan keuangan dan transaksi nasabah serta keadaan lain dari nasabahnya yang bersangkutan kepada pihak lain. Dengan kata lain tergantung kepada kemampuan bank itu untuk menjunjung tinggi dan mematuhi dengan teguh rahasia bank.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Urgensi Rahasia Bank Sebagai Bentuk Perlindungan Nasabah. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian pustaka. Sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data diperoleh melalui sumber data sekunder, dengan menggunakan metode pengumpulan data melalui dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan cara berfikir induktif

Hasil penelitian menunjukan bahwa dasar pemikiran perlunya ketentuan rahasia bank adalah untuk melindungi kepentingan nasabah yang bersangkutan atau segala sesuatu yang berhubungan dengan keterangan mengenai nasabah penyimpan dan simpanannya. Dasar pengecualian atas berlakunya ketentuan rahasia bank diatur di dalam Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 tentang Perbankan dan juga di luar Undang-Undang Perbankan. Urgensi rahasia bank sebagai bentuk perlindungan nasabah sangatlah berperan dalam menjaga kerahasiaan nasabahnya. Dalam Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 Tentang Perbankan fungsi utama bank adalah menghimpun dana dan bekerja berdasarkan kepercayaan dari masyarakat. Yang perlu digaris bawahi bank harus menjaga kerahasiaan setiap nasabahnya demi melindungi kepentingan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Oct 2019 04:22
Last Modified: 14 Oct 2019 04:22
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/120

Actions (login required)

View Item View Item