Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Konsumen Dalam Berlangganan di Toko Bangunan Arjuna Rumbia

Kurniawan, Hendra Bagus (2019) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Konsumen Dalam Berlangganan di Toko Bangunan Arjuna Rumbia. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI HENDRA BAGUS KURNIAWAN.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT KONSUMEN DALAM BERLANGGANAN DI TOKO BANGUNAN ARJUNA RUMBIAABSTRAKOLEHHENDRA BAGUS KURNIAWANPersaingan toko ritel bahan bangunan semakin berkembang.Di kecamatan Rumbia kabupaten Lampung Tengah banyak berdiri toko ritel bahan bangunan yang bersaing untuk menarik minat dan hati konsumen untuk membeli dan berlangganan. Salah satunya adalah toko bangunan Arjuna Rumbia. Pemahaman masyarakat terhadap informasi mengenai harga barang-barang dinilai masih kurang sehingga hanya terpaku pada satu toko saja. Melihat dari segi harga Toko Bangunan Arjuna Rumbia memiliki harga yang bervariatif, dalam beberapa barang cenderung sedikit lebih mahal. Adanya fenomena tersebut membuat peneliti ingin meneliti dan mencari tahu mengennai faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen dalam berlangganan di Toko Bangunan Arjuna Rumbia. Adapun pertanyaan peneltian yaitu apa saja faktor-faktor yang mempnegaruhi minat konsumen dalam berlangganan di Toko Bangunan Arjuna Rumbia.Penelitiian ini diharapkan dapat menambah referensi dan khazanah keilmuan dalam bidang loyalitas dan perilaku konsumen serta dijadikan sebagai bahan informasi dan masukan bagi pemilik toko untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam berlangganan di Toko Bangunan Arjuna Rumbia. Selain itu juga, dapat menjadi masukan bagi masyarakat sebagai konsumen khususnya di sekitar kecamatan Rumbia.

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara secara bebas terpimpin dengan pemilik toko, karyawan dan konsumen . Selain itu digunakan juga metode dokumentasi sebagai pelengkap untuk memperoleh data tambahan dan kemudian semua data yang diperoleh dianalis dengan deskirptif kualitatis yangmenggunakan cara berpikir induktif.

Hasil penelitian menunjukan Faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen dalam berlangganan di Toko Bangunan Arjuna Rumbia adalah kelengkapan produk yang dimiliki oleh Toko Bangunan Arjuna Rumbia yang bervariatif. Kedua, pelayanan. Ketiga, penempatan di area pasar. keempat, promosi Kelima, penerapan teknologi. Faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen dalam berlangganan di Toko Bangunan Arjuna Rumbia dalam beberapa faktor telah sejalan dengan teori tentang faktor-faktor yang mempengaruhi minat konsumen dan faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen. Namun, dari hasil penelitian terdapat faktor lain yang mempengaruhi minat konsumen dalam berlangganan di Toko Bangunan Arjuna Rumbia yaitu faktor kelengkapanproduk dan penerapan teknologi. Faktor-faktor tersebut dapat mempengaruhi keputusan konsumen untuk kemudian loyal terhadap Toko Bangunan Arjuna Rumbia dengan dilihat dari pembelian konsumen yang dilakukan secara berulang-ulang, kebiasaan konsumen untuk membeli bahan bangunan di Toko Bangunan Arjuna Rumbia, dan tetap memilih Toko Bangunan Arjuna Rumbia sebagai tempat mencari keperluan bahan bangunan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Jan 2020 07:23
Last Modified: 20 Jan 2020 07:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1207

Actions (login required)

View Item View Item