Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Ditinjau dari Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Toko Sepeda Sinar Surya)

Martikawati, . (2019) Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Ditinjau dari Ekonomi Islam (Studi Kasus pada Toko Sepeda Sinar Surya). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI MARTIKAWATI.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Skripsi dengan judul “Strategi Pemasaran Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Ditinjau Dari Ekonomi Islam (Studi Kasus Pada Toko Sepeda Sinar Surya)” merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana tinjauan ekonomi islamterhadap strategi pemasaran yang dilakukan toko sepeda sinar surya. Manfaatnya dapat menambah khasanah pengetahuan mengenai strategi pemasaran dalam menarik minat beli konsumen dalam persepektif ekonomi islam.

Data yang diperoleh peneliti ini dikumpulkan dengan teknik wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode analisis induktif kualitatif, yaitu dimulai dengan menggunakan data yang diperoleh dari lapangan tentang persepektif ekonomi islam tentang strategi pemasaran yang diterapkan dengan menggunakan 4 strategi yaitu strategi produk, strategi harga, strategi tempat dan strategi promosi, kemudian dianalisis dengan menggunakan prinsip-prinsip ekonomi islam.

Penelitian ini menunjukan bahwa strategi pemasaran yang dilakukan Toko Sepeda Sinar Suryadengan menggunakan empat strategi yaitu strategi produk, stretegi harga, strategi tempat atau distribusi dan strategi promosi sudah tepat dalam penerapannyatidak melanggar prinsip-prinsip Ekonomi Islam. Dalam keempat strategi tersebut yang menjadi kelebihan dan perbedaan yang menonjol Toko Sepeda Sinar Surya dengan Toko sepeda lainnya yang ada dipasar Metro adalah strategi produk yaitu jasa service yang hanya dimiliki oleh Toko Sepeda Sinar Surya. Dengan adanya jasa service membuat spare partsyang dijualoleh Toko Sepeda Sinar Surya laku karena apabila dalam mensevice membutuhkan ganti spare partsmaka dengan begitu mendapat dua keuntungan sekaligus dari jasa service dan jual spare partsyang dibutuhkan dalam menservice.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 20 Jan 2020 08:23
Last Modified: 20 Jan 2020 08:23
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1222

Actions (login required)

View Item View Item