Pengembangan Sumber Daya Manusia Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Terhadap Nasabah pada BMT Arsyada Metro

Fitri, Bunga Prestiwaning (2018) Pengembangan Sumber Daya Manusia Sebagai Upaya Meningkatkan Mutu Pelayanan Terhadap Nasabah pada BMT Arsyada Metro. Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI BUNGA PRESTIWANING FITRI PDF.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengembangan sumber daya manusia sebagai upaya meningkatkan mutu pelayanan terhadap nasabah pada BMT Arsyada Metro. Jenis penelitian ini adalah field research, atau penelitian lapangan dan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa upaya peningkatan sumber daya manusia di BMT Arsyada Metro terhadap mutu pelayanan anggota dilakukan dengan beberapa cara antara lain sebagai berikut: 1) Pelatihan dan Pengembangan, BMT Arsyada Metro rutin mengadakan pelatihan untuk karyawan pada setiap tahunnya. 2) Motivasi, pimpinan selalu memberikan motivasi kepada seluruh pegawai yang ada di BMT Arsyada Metro. 3) Penghargaan atau Insentif, di antaranya yaitu berupa pemberian bonuskepada karyawan yang berprestasi. 4) Jasa Finansial, BMT Arsyada Metro memberikan jasa finansial kepada para karyawannya dalam bentuk kesempatan meminjam uang pada koperasi karyawan dengan nisbah bagi hasil untuk koperasi lebih rendah. 5) Mutasi, BMT Arsyada Metro menerapkan kegiatan mutasi kepada seorang pegawai yang kurang bergairah kerjanya. 6) Pengawasan, dilakukan dengan mengadakan pengamatan terhadap sumber daya manusia yang ada, seperti kualitas SDM pegawai, kemampuan setiap pegawai dari setiap sumber daya manusia, dan semangat kerja pegawai.

Selanjutnya, dapat disimpulkan bahwa upaya peningkatan sumber daya manusia di BMT Arsyada Metro terhadap mutu pelayanan anggota dilakukan dengan beberapa cara, yaitu pengembangan SDM melalui pelatihan dan pengembangan, pengembangan SDM melalui motivasi, pengembangan SDM melalui penghargaan atau insentif, pengembangan SDM melalui jasa finansial, pengembangan SDM melalui mutasi, dan pengembangan SDM melalui Pengawasan. Dalam menjalankan metode pengembangan SDM tersebut di BMT Arsyada Metro selama ini dapat dikatakan efektif. Karena bisa dilihat hasil dari pelaksanaan pengembangan SDM berdampak terhadap skill karyawan dan terlihat dari meningkatnya mutu pelayanan yang diberikan karyawan kepada anggota.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 21 Jan 2020 01:17
Last Modified: 21 Jan 2020 01:17
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1249

Actions (login required)

View Item View Item