Pendistribusian dana KKS untuk mengurangi angka kemiskinan (Studi Kasus di Desa Rejo Asri VIII)

., Wahyudi (2019) Pendistribusian dana KKS untuk mengurangi angka kemiskinan (Studi Kasus di Desa Rejo Asri VIII). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 014.FEBI.2019.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kebutuhan manusia untuk memenuhi, menghasilkan, dan membagi-bagikannya dinamakan ekonomi..Kemiskinan merupakan masalah multidimensi karena berkaitan denganketidakmampuan akses secara ekonomi, sosial, budaya, politik dan partisipasi. Kebijakan pemerintah dalam program pengentasan kemiskinan sepertiProgram Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) termasuk dalam klaster-1 bersamaprogram bantuan beras untuk orang miskin (Raskin), program keluarga harapan(PKH), program jaminan kesehatan masyarakat (Jamkesmas) atau yangsebelumnya dikenal dengan Askeskin untuk perawatan kesehatan gratis, programbeasiswa untuk siswa miskin, serta Program bantuan dan perlindungan sosial dengan sasaranrumah tangga miskin (program nasional pemberdyaan masyarakat PNPM) dengansasaran pemberdayaan kelompok masyarakat dan program pemberdayaan usahamikro dan kecil berupa bantuan permodalan dan bentuk kredit usaha rakyatKartu Keluarga Sejahtera adalah kartu yang diterbitkan oleh Pemerintah sebagai penanda keluarga kurang mampu, sebagai pengganti Kartu Perlindungan Sosial (KPS). Namun di desa Rejo Asri VIII, pemberian Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) selama ini menimbulkan kecemburuan di masyarakat karena pembagian kartu yang belum tepat sasaran dan belum merata. bahwa di temukan adanya data yang tidak objektif dalam artian masyarakat yang seharusnya menerima Kartu Keluarga Sejahtera (KKS).Sesuai dengan kasus, ada masyarakat yang menerima kartu dan ada masyarakat yang tidak menerima kartu padahal kondisi sosial ekonominya sama persis.

Jenis dari penelitian ini adalah penelitian lapangan, sedangkan sifat dari penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan sumber data primer yaitu perangkat desa Rejo Asri VIII dan masyarakat yang seharusnya menerima KKS, sedangkan sumber data sekundernya adalah buku dan jurnal skripsi mengenai KKS. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah wawancara dan dokumentasi serta menggunakan teknik analisis deduktify yaitu pengolahan data dari umum ke khusus.

Perkembangan KKS di Desa Rejo Asri VIII berkembang mengikuti perkembangan teknoligi yaitu dari cara pengambilan yang awal mulanya melalui kantor pos dan sekarang melalui ATM. Namun, di Desa Rjo Asri pembagian dana KKS tidak tepat sasaran serta tidak membantu pada keluarga miskin menuju sejahtera karena jumlah keluarga miskin yang mendapatkan awalmulanya hanya 21 KK ditahun 2015 bertambah menjadi 33 KK ditahun 2016.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Oct 2019 04:21
Last Modified: 14 Oct 2019 04:21
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/126

Actions (login required)

View Item View Item