Hambatan Psikologis Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMA Negeri 6 Kota Metro)

Prihantini, Ratih Nindia (2019) Hambatan Psikologis Siswa dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus di SMA Negeri 6 Kota Metro). Masters thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Tesis 015.PASCA.2019.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Pencapaiantujuan pendidikan sangat ditentukan oleh proses dan hal inisangat dipengaruhi oleh tingkat kesiapan dalam proses belajar. Proses pembelajaran memerlukan adanya salingberinteraksi antara yangmengajar dengan yang belajar, sebenarnya berada pada suatu kondisi yang unik, sebab secara sengaja atau tidak sengaja masing-masing berada dalam suasana belajar. Di dalam proses belajar-mengajar, guru sebagai pengajar dan siswa sebagai subjek belajar, dituntut adanya profil kualifikasi tertentu dalam hal pengetahuan, kemampuan, sikap dan tata nilai serta sifat-sifat pribadi.

Rumusan masalah dalam penelitian ini yaituapa hambatan psikologi siswa dalam proses pembelajaran pendidikanagama Islam di SMA Negeri 6 Kota Metro?upaya apa saja yang dilakukan guru dalam mengatasi hambatan psikologi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 6 Kota Metro? kendala-kendala apa yang timbul dalam mengatasi hambatan psikologi siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri 6 Kota Metro?

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode penelitian kualitatif lapangan. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penjaminkeabsahan data menggunakan triangulasi dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, data display, dan pengambilan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan psikologissiswa dalam proses pembelajaran terjadi dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhi proses belajar yaitukecerdasan siswa,ketidakadanya minat siswa yang berpengaruh pada kegiatan aktivitas belajar, jika tidak ada motivasi hal ini akan mengganggu kefektifan dalam kegiatan belajar, sikap siswa tidak ada akan menjadi hambatan dalam proses belajar. Upaya mengatasi hambatan psikologis siswa dalam proses pembelajaran pendidikan agama Islam yaitu mengetahui gejala kesulitan belajar, menelaah atau menetapkan status siswa, memperkirakan sebab terjadinya hambatan psikologis siswa, dan mengadakan perbaikan. Dalam mengatasi hambatan psikologis siswa pastinyamemiliki kendal-kendala yaitu faktor pembawaan siswa, faktor keluarga yang menjadi sumber utama pendidikan seorang anak, faktor sekolah, faktor lingkungan dan perilaku individu.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 21 Jan 2020 04:18
Last Modified: 21 Jan 2020 04:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1278

Actions (login required)

View Item View Item