Peran pasar tradisional dalam peningkatan perekonomian masyarakat menurut perspektif ekonomi islam ( Studi Kasus Pasar Yosomulyo Pelangi Kecamatan Metro Pusat Kota Metro )

Maskuroh, Nikmatul (2019) Peran pasar tradisional dalam peningkatan perekonomian masyarakat menurut perspektif ekonomi islam ( Studi Kasus Pasar Yosomulyo Pelangi Kecamatan Metro Pusat Kota Metro ). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 016.FEBI.2019.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Payungi merupakan pasar tradisional sekaligus pengembangan dari ekonomi kreatif yang secara spesifik terdapat ciri dari praktek ekonomi islam. Sistem eknomi Islam adalah sistem ekonomi yang berorientasi rahmatan lil alami. Dalam Ekonomi Islam tujuan bisnis tidak selalu untuk mencari profit (nilai materi), namun harus tetap berperan penting dalam memperoleh dan memberikan benefit (keuntungan dan manfaat) nonmateri, baik bagi si pelaku bisnis sendiri maupun pada lingkungan yang lebih luas, seperti terciptanya suasana persaudaraan, dan kepedulian sosial dan sebagainya. Melihat latar belakang masalah tersebut, maka muncul suatu pertanyaan, bagaimana peran Payungi dalam peningkatan perekonomian masyarakat serta kesesuaian dalam Perspektif Ekonomi Islam.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peran Pasar Payungi dalam meningkatkan perekonomian masyarakat Kelurahan Yosomulyo Kecamatan Metro Pusat Kota Metro, serta bagaimanakah tinjauan ekonomi Islam terhadap para pedagang pasar tersebut. Jenis penelitian yang penulis gunakan adalah Penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif, sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada kepala pasar, penggagas pasar, dan masyarakat sekitar yang sekaligus sebagai pedagang dalam pasar. Observasi mengamati keadaan yang ada di Payungi dan Sekitar Pasar, dan dokumentasi digunakan untuk mendukung data-data yang peneliti dapatkan di lapangan.

Temuan penelitian ini adalah Pasar Yosomulyo Pelangi telah berpotensi dalam peningkatan perekonomian masyarakat Yosomulyo Kecamatan Metro Pusat Kota Metro dari bidang kreatifitas dan keterampilan ekonomi di masyarakat. Salah satunya adalah unit usaha yang dikembangkan, seperti wahana-wahana permainan, spot foto, permainan tradisional dan lain-lain. Artinya Payungi yang memiliki nilai lebih di bidang peningkatan perekonomian khususnya pasar, diharapkan dapat menjadi tolak ukur munculnya pasar-pasar yang lebih berpotensi dalam peningkatan perekonomian masyarakat yang tentunya sesuai dengan ekonomi islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:20
Last Modified: 15 Oct 2019 07:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/128

Actions (login required)

View Item View Item