Implementasi asuransi jiwa jamaah haji di Kementerian Agama Kota Metro

Anwar, Saiful (2019) Implementasi asuransi jiwa jamaah haji di Kementerian Agama Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 017.FEBI.2019.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Asuransi jamaah haji adalah asuransi yang diperuntukkan bagi jamaah haji reguler untuk memberikan perlindungan asuransi kepada Jemaah haji apabila meninggal dunia murni (natural death), atau meninggal karena kecelakaan atau cacat tetap total atau cacat tetap sebagian dalam masa asuransi.

Pertanyaan yang diajukan dalam penelitian ini yaitu: “Bagaimana‎ implementasi asuransi jiwa jamaah haji di Kementerian Agama Kota Metro? ”‎ tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi asuransi jiwa jamaah haji di Kementerian Agama Kota Metro. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain penelitian ‎lapangan. Alat pengumpulan data menggunakan wawancara observasi, dan dokumentasi yang sumbernya adalah petugas urusan haji dan 2 orang dari 24 orang yang mengajukan klaim asuransi. Pemilihan 2 orang sampel tersebut menggunakan purpose sampling. Analisis data menggunakan teknik analisa data kualitatif ‎berdasarkan teori Miles and Huberman yang terdiri data reduction, data ‎display dan conclusion/verivication. ‎

Hasil Penelitian menunjukkan bahwa, Kantor Kementerian Agama Kota Metro ‎hanya berperan sebagai fasilitator yang mengusulkan kepada Kantor Kementerian Agama Pusat selaku pemegang polis. Tindak lanjut dari klaim sepenuhnya berada di Kementerian Agama Pusat yang kemudian mengajukan kepada PT. Amanah Jiwa Giri Artha. Jika klaim disetujui, maka PT. Amanah Jiwa Giri Artha mengirim uang ke rekening ahli waris. Besaran asuransi yang dapat diterima oleh jamaah haji jika jamaah haji meninggal dunia biasa atau bukan karena kecelakaan maka besarnya manfaat yang dapat diterima oleh ahli waris adalah Rp. 15.000.000,- dan apabila jamaah haji meninggal dunia karena kecelakaan setelah keberangkatan, maka besarnya manfaat yang diperoleh adalah Rp. 30.000.000,-. Namun, implementasi besar kecilnya manfaat asuransi yang dapat diterima oleh peserta jamaah haji tergantung pada hasil investasi premi (keuntungan) yang diperoleh oleh PT. AJS Amanah Jiwa Giri Artha. Maka dilihat dari segi ekonomi bahwa semakin tinggi pendapatan premi dan hasil investasi, maka semakin tinggi pula besar manfaat yang dapat diterima oleh peserta jamaah haji.

Kata kunci: Implementasi, Asuransi Jiwa, Jamaah Haji

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:20
Last Modified: 15 Oct 2019 07:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/129

Actions (login required)

View Item View Item