Strategi dakwah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kota Metro

Marina Sari, Arum (2019) Strategi dakwah Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat di Kota Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 003.FUAD.2019.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Strategi dakwah PKS dalam meningkatkan kualitas hidup masayrakat di Kota Metro yang memiliki fokus penelitian pada kader PKS yang mengikuti program Pos Eka tahun 2018-2019 di 15 A Iringmulyo Metro Timur yaitu dengan tindakan nyata berupa membentuk program Pos Eka atau Pos Pemberdayaan Keluarga yang ditujukan untuk kader PKS golongan ekonomi lemah dengan memberikan pinjaman dana tanpa adanya bunga, memberikan motivasi dan pengarahan agar para kader mampu mandiri dalam ekonomi.

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deksriptif lepangan dengan tujuan meneliti strategi dakwah PKS dalam meningkatkan kualitas hidup kader PKS di 15 A Iringmulyo Metro Timur. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada 2 Kader PKS yaitu Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga DPD PKS Kota Metro sebagai ketua program Pos Eka dan penanggung jawab Pos Eka di Dewan Pengurus Ranting (DPRa) Iringmulyo Metro Timur, serat 5 responden kader PKS yang mengikuti program Pos Eka di 15 A Iringmulyo Metro Timur untuk memperoleh data tentang pelaksanaan strategi dakwah PKS dan dampak dari strategi dakwah PKS terhadap peningkatan kualitas hidup kader PKS di Iringmuyo Metro Timur. Observasi dilakukan saat pelaksanaan kegiatan Pos Eka dan pengamatan terhadap perubahan kualitas hidup kader PKS dari aspek ekonomi.

Strategi dakwah PKS yaitu dengan membentuk program Pos Eka ditujukan kepada kader PKS golongan ekonomi lemah yaitu dengan memberikan pinjaman modal tanpa adanya bunga dengan cicilan 5x cicilan sesuai kesepakatan dan tidak memberatkan peminjam, modal dapat digunakan untuk meningkatkan usaha yang dimiliki dan untuk membuka usaha serta mendorong kader PKS untuk meninggalkan praktek riba. Memberikan motivasi dan pengarahan kepada kader PKS sehingga mampu mengembangkan kemampuannya dan tergerak untuk memiliki usaha sebagai upaya mandiri dalam ekonominya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:20
Last Modified: 15 Oct 2019 07:20
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/131

Actions (login required)

View Item View Item