Metode dakwah dalam pemahaman jilbab di kalangan remaja desa Braja Asri Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur

Yuni Astuti, Eriska (2019) Metode dakwah dalam pemahaman jilbab di kalangan remaja desa Braja Asri Kecamatan Way Jepara Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 004.FUAD.2019.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Metode dakwah suatu cara menyampaikan dakwah oleh seorang da’i kepada audience atau mad’u. Menyampaikan dakwah dimana seorang da’i diharuskan mengenal terlebih dahulu kondisi mad’u. Bentuk mode fashion jilbab yang berkembang di masyarakat, menjadikan penilaian remaja Desa Braja Asri sebagai salah satu pengguna mode jilbab menjadi beraneka ragam. Mulai dari berjilbab yang memang karena menjalankan ketaatan, kemudian berjilbab karena mengikuti trend. Berbagai pemahaman ini kemunculannya tidak lain adalah dari pemahaman individu dalam memaknai jilbab.

Tujuan penelitian ini ingin mengetahui diantara 3 (tiga) metode, metode dakwah seperti Bil Al-hikmah, Bil Mau’izhah Hasanah, dan Mujadalah, bahwa metode Bil Mau’izhah Hasanah yang paling cocok untuk diterapkan dalam pemahaman jilbab dikalangan remaja di Desa Braja Asri. Manfaat penelitian ini untuk bisa memberikan pengetahuan pada remaja dalam menggunakan jilbab sesuai dengan tuntunan syariat Islam. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi kemudian data yang telah terkumpul dianalisis menggunakan metode berfikir induktif.

Hasil dari penelitian ini adalah Penelitian ini mengacu pada QS An-Nahl ayat 125 yang menjelaskan tentang 3 (tiga) metode dakwah, dalam keberhasilan aktivitas dakwah merupakan suatu metode yang digunakan dalam berdakwah dengan memberikan metode nasehat-nasehat yang baik, perkataan-perkataan yang baik, tidak dengan memaksa apalagi sampai menggunakan cara yang kasar terhadap objek dakwahnya.

Kata-kata kunci: Metode, dakwah, remaja, jilbab.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:20
Last Modified: 15 Oct 2019 07:20
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/132

Actions (login required)

View Item View Item