Upaya Guru PAI dalam Mewujudkan Pendidikan Multikultural di SMA N 1 Seputih Agung Lampung Tengah Tahun 2018/2019

Trimaya, Cici (2018) Upaya Guru PAI dalam Mewujudkan Pendidikan Multikultural di SMA N 1 Seputih Agung Lampung Tengah Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI CICI TRIMAYA (NPM. 14113891).pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pendidikan multikultural adalah pendidikan yang mengedepankan pemahaman tentang perbedaan, sikap toleransi antar makhluk sosial, dan pendidikan tentang rasa saling menghargai dengan adanya perbedaan. Beberapa nilai dalam pendidikan multikultural adalah nilai demokrasi, toleransi, pengertian dan menjujung sikap saling menghargai. Pendidikan multikultural sendiri sudah mulai diterapkan di SMA N 1 Seputih Agung,mengingatkondisi sosial warga sekolah yang plural. Kondisi inilah yang berpotensi konflik antar peserta didik. Konflik yang sering terjadi antar peserta didik adalah sikap kurangtoleransi dan saling menghargai, ini terbukti dengan masih adanya beberapa peserta didik yang sering berselisih hanya karena perbedaan pendapat.

Pertanyaan penelitian yang terdapat dalam penelitianini adalah bagaimanakah upaya guru PAI dalam mewujudkan pendidikan multikultural di SMA N 1Seputih Agung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya guru PAI dalam mewujudkan pendidikan multikultural di SMA N 1 Seputih Agung. Sedangkan untuk manfaat dari penelitian ini diharapkan mampu memberi kontribusi positif terhadap perkembangan pendidikan Indonesia dan menambah khazanah serta wawasan bagi penulis dan pembaca.

Penelitian ini adalah penelitian lapangan,dengan menggunakan metode kualitatif. Jenis dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melaluiteknikobservasi, wawancara dan dokumentasidengan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.

Berdasarkan analisis yang telah penulis lakukandapat diperoleh kesimpulan bahwa upaya guru PAIdalam mewujudkan pendidikan multikultural di SMA N 1 Seputih Agung dengan 1) memberikan motivasi melalui cerita-cerita tokoh dan pengalaman, serta dengan pemberian ganjaran. 2) pemberian bimbingan dengan melakukan penanaman nilai-nilai kejujuran, kedisiplinan, tolong-menolong, saling menghargai dan menghormati dan juga sikap toleransi. 3) latihan pembiasan sikap sesuai dengan nilai-nilai multikultural. Faktor penghambat yang dirasakanoleh guru PAI adalah faktor peserta didik, latar belakang keluarga dan perbedaan SARA.Untuk faktor pendukungnya yaitu kebijakan dan dukungan dari SMA N 1 Seputih Agung serta kepala sekolah yang selalu menyisipkan beberapa nilai multikultural di setiap pembuatan program ataupun aturan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 22 Jan 2020 03:10
Last Modified: 22 Jan 2020 03:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1328

Actions (login required)

View Item View Item