Metode dakwah Mauidzatil Hasanah dalam membentuk karakter santri pondok Pesantren Al-Ikhlas desa Kagungan Ratu kabupaten Tulang Bawang Barat

Kamelia, Vivi (2019) Metode dakwah Mauidzatil Hasanah dalam membentuk karakter santri pondok Pesantren Al-Ikhlas desa Kagungan Ratu kabupaten Tulang Bawang Barat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 005.FUAD.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Metode di artikan sebagai cara yang di atur dan melalui proses pemikiran untuk mencapai suatu maksud dan dakwah adalah suatu cara mengajak manusiakejalan yang lebih baik. Dakwah bisa dilakukan dengan memberikan nasihat yang baik terhadap santri, agar dapat membedakan hal yang diperbolehkan dan yang dilarang oleh ajaran Islam. Metode dakwah Mauidzatil Hasanah atau nasihat yang baik, maksudnya adalah memberikan nasihat kepada santri dengan cara yang baik, yaitu petunjuk-petunjuk kearah kebaikan dengan bahasa yang baik, dapat diterima dan berkenan dihati.
Banyaknya pelanggaran-pelanggaran yang sering dilakukan dikalangan santri pondok pesantren al-Ikhlas. Hal ini merupakan tantangan besar bagi pesantren dalam mendidik karakter santri agar mereka senantiasa hidup disiplin. Membentuk karakter santri sesungguhnya tidak harus menggunakan cara yang formal, tidak selalu diajarkan dalam kelas. Namun, dilakukan secara berkelanjutan dalam pondok pesantren. Keberhasilan membentuk karakter santri akan dipengaruhi oleh teladan dan contoh nyata dalam kehidupan. Membentuk karakter santri tidak bisa instan akan tetapi dijalani sebagaimana adanya kehidupan seharihari dengan memberikan pengertian-pengertian sehingga akan melekat kuat pada setiap santri.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini mencakup sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu induktif.
Hasil dari penelitian mengenai metode dakwah mauidzatil hasanah dalam membentuk karakter santri di pondok pesantren al-Ikhlas, Ustad memberikan Pertama, Ucapan yang baik dengan lemah lembut, kedua sabar dalam memberikan nasihat, ketiga tidak memaksakan kehendak santri, keempat memberikan nasihat sesuai dengan situasi dan kondisi santri.
Adapun yang menjadi faktor pendukung dan penghambat ustadz adalah pertama, partisipasi yang diberikan oleh semua kalangan baik santri maupun masyarakat dalam memberikan nasihat. Kedua, faktor penghambat adalah ustadz dalam membentuk karakter santri disebabkan karena santri yang memiliki sifat yang keras sehingga tidak dapat menerima nasihat yang diberikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:20
Last Modified: 15 Oct 2019 07:20
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/133

Actions (login required)

View Item View Item