Penerapan Metode Reading Aloud untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas III MI Ma’arif Nu 05 Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018

Suhaenah, . (2018) Penerapan Metode Reading Aloud untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadis Kelas III MI Ma’arif Nu 05 Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SUHAENAH (NPM. 14120695).pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa mata pelajaran Al-Qur‟an Hadis kelas III MI Ma‟arif Nu 05 sekampung karena 68,75% siswa masih berada dibawah kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditetapkan yaitu 65. Proses pembelajarannya membosankan, Siswa banyak yang ramai dan bermain saat pembelajaran berlangsung.Siswa susah untuk memfokuskan diri dan memperhatikan penjelasan guru, sehingga hasil belajar siswa rendah dan kurang memuaskan. Upaya untuk memperbaiki dan meningkatkan hasilbelajar siswa, peneliti menggunakan metode Reading Aloud.

Rumusan masalah pada skripsi ini adalah apakah Penerapan Metode Reading Alouddapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur‟an hadis kelas III Madrasah Ibtidaiyah(MI) Ma‟arif Nu 05 Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/218.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan penerapan metode Reading Aloudpada mata pelajaran Al-Qur‟an hadis kelas III Madrasah Ibtidaiyah (MI) Ma‟arif Nu 05 Sekampung Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018.

Prosedur penelitian ini menggunakan beberapa siklus sesuai penelitian tindakan kelas, terdiri dari; (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) pengamatan , (4) refleksi (reflecting). Alat pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi untuk kegiatan guru mengajar dan lembar observasi untuk aktifitas siswa. Tes hasil belajar digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode Reading Alouddapat meningkatkan hasil belajar siswa ditandai dengan peningkatan presentase yang mencapai KKM dilihat dari nilai pos-test pada siklus I sebesar 53,12% dan siklus II sebesar 78,12%. Rata-rata aktifitas belajar siswa pada siklus1 mencapai 2,19 sedangkan pada siklus II menjadi 3,48 atau mengalami peningkatan sebesar1,29.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 22 Jan 2020 02:36
Last Modified: 22 Jan 2020 02:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1338

Actions (login required)

View Item View Item