Dakwah Mau’idzah Hasanah dalam pembinaan akhlak di desa Banjarrejo kecamatan Batanghari kabupaten Lampung Timur

Fauziah, Dini (2019) Dakwah Mau’idzah Hasanah dalam pembinaan akhlak di desa Banjarrejo kecamatan Batanghari kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 006.FUAD.2019.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dakwah suatu cara mengajak manusia ke jalan yang lebih baik. Dakwah dilakukan bisa dilakukan dengan memberikan nasihat yang baik terhadap mad’u agar dapat membedakan hal yang diperbolehkan dan yang dilarang oleh ajaran Islam. Dalam ruang lingkup masyarakat, dakwah sangat penting dalam melakukan pembinaan akhlak masyarakat. Akhlak masyarakat yang bermacam-macam akan menjadi tantangan para da’i dalam menyampaikan dakwahnya. Berdasarkan hal tersebut yang menjadi tujuan penelitian skripsi yaitu dakwah mau’idzah hasanah dalam pembinaan akhlak masyarakat di desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur serta apa saja faktor penghambat dan pendukung peran da’i dalam menyampaikan dakwah.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dan sifat penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer yaitu tokoh agama serta masyarakat yang ada di desa Banjarrejo, sedangkan sumber data sekunder yaitu berupa arsip – arsip tentang desa Banjarrejo, buku- buku yang berkaitan dengan penelitian ini. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian yang didapat oleh peneliti, peran da’i dalam menyampaikan dakwah di desa Banjarrejo menggunakan metode dakwah Mau’izhah Hasanah. Apabila ditinjau dari sudut pandang yang lain, metode yang lazim dilakukan dalam pelaksanaan dakwah yaitu adalah : metode ceramah dan metode tanya jawab. Adapun yang menjadi faktor pendukung dakwah yang dilakukan da’i kepada anggota majelis ta’lim adalah penguasaan bahan materi oleh da’i dan antusias masyarakat dalam mengikuti pengajian. Sedangkan faktor penghambat da’i dalam menyampaikan dakwah di majelis ta’lim disebabkan kurangnya tingkat pemahaman pada masyarakat atau daya tangkap yang berbedabeda dan juga karena faktor pekerjaan yang berbeda-beda sehingga menjadi kendala masyarakat dalam mengikuti pengajian di desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:19
Last Modified: 15 Oct 2019 07:19
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/134

Actions (login required)

View Item View Item