Strategi Pemasaran Produk Tabungan Arisan Pada PT. BPR Eka Bumi Artha KP Metro

Devi, Iffah Ratikha (2018) Strategi Pemasaran Produk Tabungan Arisan Pada PT. BPR Eka Bumi Artha KP Metro. Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
TUGAS AKHIR IFFAH RATIKHA DEVI.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Menurut Undang-Undang (UU) Perbankan No. 7 tahun 1992, Bank Perkreditan Rakyat (BPR) adalah lembaga keuangan bank yang menerima simpanan hanya dalam bentuk deposito berjangka tabungan dan/atau bentuk lainnya yang dipersamakan dengan itu dan menyalurkan dana sebagai usaha BPR.BPR dalam melakukan kegiatannya tidak sama dengan kegiatan yang dilakukan dengan Bank Umum. Adapun bentuk kegiatan yang boleh dilakukan oleh BPR meliputi : 1). Menghimpun dana dalam bentuk simpanan tabungan dan simpanan deposito, 2). Memberikan pinjaman kepada masyarakat dalam bentuk kredit, 3). Menyediakan pembiayaan dan penempatan dana. 3). Menempatkan dananya dalam bentuk sertifikat Bank Indonesia (SBI), deposito berjangka, sertifikat deposito.Tabungan adalah simpanan yang penarikannya hanya dapat dilakukan menurut syarat-syarat tertentu yang disepakati, tetapi tidak dapat ditarik dengan cek, bilyet, giro dan/atau alatlainnya yang dipersamakan dengan itu. Tabungan adalah bentuk simpanan yang bersifat liquid, hal ini memberikan arti produk ini dapat diambil sewaktu-waktu apabila nasabah membutuhkan.

Pertanyaan penelitian pada penelitian ini adalah “Bagaimana strategi pemasaran produk Tabungan Arisan di PT. BPR Eka Bumi Artha?”. Adapun penelitian inibertujuan untuk mengetahui mengetahui strategi pemasaran yang digunakan oleh PT. BPR Eka Bumi Artha KP Metro.

Jenis penelitian ini adalah field research, atau penelitian lapangandan bersifat deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, dan dokumentasi. Setelah data-data terkumpul dan dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwastrategi pemasaranyang dilakukan oleh PT. BPR Eka Bumi Artha KP Metrodalam memasarkan produk Tabungan Arisanyaitu mengacu pada produk, menetapkan harga dan target pasar sesuai dengan perencanaan, memilih lokasi kantor yang strategis, serta melakukan promosi.Berdasarkan beberapa strategi pemasaran diterapkan, strategi yang paling dominan dan efektifyang digunakan oleh PT. BPR Eka Bumi Artha KP Metrodalam melakukan penjualan ataupun pemasaran produk yaitu strategi produk, harga, dan promosi, yang meliputi periklanan, promosi penjualan, penjualan perseorangan, dan publisitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 22 Jan 2020 04:07
Last Modified: 22 Jan 2020 04:07
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1351

Actions (login required)

View Item View Item