Peran Da’i dalam meningkatkan kesadaran shalat berjamaah di desa Trimurjo kabupaten Lampung Tengah

Mardalena, Leni (2019) Peran Da’i dalam meningkatkan kesadaran shalat berjamaah di desa Trimurjo kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 008.FUAD.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya peran da’i untuk melaksanakan hak dan kewajibannya sesuai dengan status yang diberikan masyarakat dengan asusmsi untuk memberikan panutan dan membimbing masyarakat diantaranya untuk melaksanakan shalat berjamaah. Shalat berjamaah dilakukan karena tidak mengenal perbedaan kaya dan miskin antara atasan dan bawahan serta suku, ras dan budaya kesemuanya itu sama dihadapan Allah. Pada kenyataannya ada masalah-masalah fenomena shalat berjamaah yang terjadi di daerah penelitian diantaranya masyarakat lebih mementingkan duniawi, tidak mementingkan akhirat dan menganggap shalat berjamaah tidak terlalu penting. Berdasarkan hal tersebut yang menjadi tujuan penelitian Skripsi yaitu untuk mengetahui peran da’i dalam menigkatkan kesadaran shalat berjamaah di desa Trimurjo serta untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat da’i dalam meningkatkan kesadaran shalat berjamaah.

Jenis penelitian ini penelitian lapangan (field research) sifat penelitian ini deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan induktif metode berfikir yang bersifat khusus dan ditarik kesimpulan bersifat umum.

Hasil penelitian yang didapat oleh peneliti, peran da’i dalam meningkatkan kesadaran shalat berjmaah adalah dengan pendekatan-pendekatan antara lain Pertama, dengan tindakan yaitu memberikan pemahaman shalat berjamaah yang disertai dengan tindakan yang nyata seperti mengajak shalat berjamaah. Kedua, dengan bijaksana yaitu melalui pendekatan kepada masyarakat dengan sikap baik. Ketiga, kesabaran dalam memberikan nasihat kepada masyarakat dengan cara yang baik, sehingga membawa perubahan pada masyarakat. Keempat, menjadi suri tauladan yang baik bagi masyarakatnya dan mampu membawa masyarakatnya kejalan yang benar.

Adapun yang menjadi faktor pendukung dan penghambat da’i adalah pertama, faktor pendukungnya adanya dukungan dari masyarakat dan jamaah yang ikut dalam mengajak masyarakat agar melaksanakan shalat berjamaah di masjid serta tersedianya fasilitas yang memadai sehingga dapat digunakan dalam pelaksanaan shalat berjamaah. Kedua, Faktor penghambat di sebabkan karena kesibukan masyarakat yang mayoritas petani serta faktor individual yang memiliki sifat keras.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Adab dan Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Oct 2019 07:41
Last Modified: 15 Oct 2019 07:41
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/136

Actions (login required)

View Item View Item