Status kesucian pakaian yang dicuci dengan mesin cuci perspektif Madzhab Syafi’i (Studi Kasus Bara Laundry Metro Timur)

Rohmani, Fajar (2019) Status kesucian pakaian yang dicuci dengan mesin cuci perspektif Madzhab Syafi’i (Studi Kasus Bara Laundry Metro Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 080.SYARIAH.2019.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Mencuci adalah kewajiban yang harus dilaksanakan untuk menunjang keberhasilan beribadah. Dalam disiplin ilmu usul fiqh dijelaskan, suatu pekerjaan yang kewajibannya tidak akan menjadi sempurna kecuali dengan wujudnya. Air adalah satu-satunya alat untuk menghilangkan najis. mesin cuci merupakan salah satu alat untuk memudahkan mencuci pakaian. Mesin cuci sekarang juga berkembang cukup signifikan karena aktivitas masyarakat yang padat dan diiringi dengan tingkat pendapatan yang memadai amempengaruhi perilaku masyarakat cenderung menginginkan kebutuhan tertentu dengan secara instan. pakaian yang dicuci dengan mesin cuci menjadi sempurna, ketika pakaian yang akan dicuci dengan mesin cuci tidak semua dari latar belakang persoalan apakah hanya sebatas kotor atau bahkan terkena najis yang melekat dipakaian atau barang-barang yang akan dicuci. Ketika melekat pada pakaian atau barang-barang yang terkena seperti darah haid, air kencing anak yang masih menyusui dan najis yang lainya maka cara mensucikan dari pakaiaan atau barang-barang yang dicuci akan berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana status kesucian pakaian yang dicuci dengan mesin cuci di Bara Laundry Metro Timur Perspektif Madzhab Syafi’i.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif lapangan (fiel research) dengan sifat penelitian deskritif kualitatif, dan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yaitu pecandraan mengenai situasi dan kejadian secara sistematis, faktual, dan akurat. Sumber data merupakan subyek penelitian yang memiliki kedudukan penting, diperoleh dari sumber data primer dan skunder. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik Pemeriksaan keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi. Sedangkan analisis data dengan reduksi data, penyajian data penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian ini Kesucian pakaian yang dicuci dengan mesin cuci di Bara Laundry telah memenuhi standar kesucian, walau dalam praktek penyuciannya antara satu tempat dengan tempat lain berbeda-beda namun dapat dipastikan hasil dari proses pencucian bara laundry yang mereka kelola sama, bau, rasa dan warna najisnya hilang. Namun ada diantara mereka yang mencuci dengan hati-hati dalam menjaga kesucianya, ada pula yang mencuci dengan tidak hati-hati. Kesucian pakaian yang dicuci dengan mesin cuci perspektif Madzhab Syafi’i tentang kesucian pakaian yang dibersihkan menggunakan Bara Laundry Kecamatan Metro Timur Kota Metro telah memenuhi syarat sah suci untuk digunakan menjalankan ibadah sholat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ahwal Syakhshiyyah
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal Syakhshiyyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Oct 2019 08:18
Last Modified: 15 Oct 2019 08:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/138

Actions (login required)

View Item View Item