Pengaruh Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kecerdasan emosional siswa SMA Negeri 1 Trimurjo

Ariani, Eka (2019) Pengaruh Guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kecerdasan emosional siswa SMA Negeri 1 Trimurjo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 069.FTIK.2019.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Guru memiliki tugas dalam pembentukan kecerdasan emosional serta jiwa peserta didik. Guru merupakan figur sentral dalam menyelenggarakan pendidikan, karena guru adalah sosok yang diperlukan untuk memacu keberhasilan peserta didiknya. Agar kecerdasan emosional anak dapat berjalan dan berkembang dengan baik, maka seyogyanya diberikan pendidikan dan bimbingan yang dilakukan oleh guru, dalam hal ini yang paling berkompeten adalah guru kepada anak dalam masa pertumbuhannya agar ia memiliki kepribadian dan kecerdasan yang cemerlang baik kecerdasan logika maupun kecerdasan emosi.

Rumusan masalah dalam penulisan skripsi ini adalah Berapa besar pengaruh guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kecerdasan emosional siswa SMA Negeri 1 Trimurjo? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besar pengaruh guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kecerdasan emosional siswa SMA Negeri 1 Trimurjo. Metode penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu angket dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 1 Trimurjo yang terdiri dari 6 rombongan belajaran dan berjumlah 124 siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 30 siswa dan kelas lain sebagai kelas eksperimen

Angket disajikan langsung kepada siswa yang menggunakan sarana dan prasarana yang ada, dan dokumentasi digunakan untuk mendapatkan data tentang profil sekolah, kemudian untuk proses analisa dataanya akan diolah dengan menggunakan rumus Chi Kuadrat.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ada pengaruh guru Pendidikan Agama Islam dalam membentuk kecerdasan emosional siswa SMA Negeri 1 Trimurjo dengan nilai 2 hit  yang diperoleh dalam penelitian ini lebih besar jika dibandingkan dengan nilai Chi Kuadrat yang ada pada tabel baik pada taraf signifikansi 5 % maupun taraf signifikansi 1 %, maka dengan demikian dapat disederhanakan menjadi 5.591 < 14,87 > 9.210

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 16 Oct 2019 04:16
Last Modified: 16 Oct 2019 04:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/139

Actions (login required)

View Item View Item