Persepsi Mahasiswa Terhadap Produk Kosmetik Yang Tidak Terdaftar pada BPOM Ditinjau dari Prilaku Konsumen (Studi Kasus Mahasiswi Ekonomi Syariah Angkatan 2014 di IAIN Metro Lampung)

Larasati, Dewi (2019) Persepsi Mahasiswa Terhadap Produk Kosmetik Yang Tidak Terdaftar pada BPOM Ditinjau dari Prilaku Konsumen (Studi Kasus Mahasiswi Ekonomi Syariah Angkatan 2014 di IAIN Metro Lampung). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI DEWI LARASATI.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Produk produk kosmetik yang sudah banyak di pasarkan saat ini masih banyak yang belum memenuhi standar kualitas, hal ini membuat masyarakat harus selektif dalam memilih produk yang akan di gunakan. Dalam era globalisasi saat ini peran pengawasan pemerintah dalam mengatur beredarnya produk kosmetik harus senantiasa dilakukan agar kualitas perlindungan konsumen meningkat. Untuk itu telah dibentuk Badan Pengawas Obat Dan Makanan (BPOM) yang memiliki jaringan nasional dan internasional serta kewenangan penegakan hukum dan memiliki usaha profesional yang tinggi guna mengawasi produk produk yang beredar.

Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui persepsi mahasiswi ekonomi syariah angkatan 2014 tentang produk kosmetik yang tidak terdaftar pada BPOM ditinjau dari perilaku konsumen. Sifat dari penelitian ini yaitu jenis penelitian lapangan (field research).Sifatpenelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif, dengan tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Adapun wawancara kepada mahasiswi ekonomi syariah IAIN Metro angkatan 2014, kemudian data tersebut diolah dengan teknik analisa kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif.

Berdasarkan hasil analisis data, penulis dapat mengambil kesimpulan bahwa persepsi mahasiswi IAIN Metro cenderung dapat memahami bagaimana produk kosmetik yang tidak terdaftar pada BPOM dan yang terdaftar pada BPOM.Dari hasil penelitian juga menyatakanbahwa sebagian mahasiswi pernah menggunakan produk yang belum terdaftar pada BPOM. Dalam memilih dan membeli sebuah produk kosmetik sebagian mahasiswi dipengaruhi oleh faktor teman dekat dan diri sendiri, hal ini termasuk di dalam salah satu faktor yang mempengaruhi perilaku konsumen yaitu faktor pribadi dan faktor psikologis.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 22 Jan 2020 08:13
Last Modified: 22 Jan 2020 08:13
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1395

Actions (login required)

View Item View Item