Hubungan Antara Perilaku Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Sukadana Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019

Sari, Arnita (2019) Hubungan Antara Perilaku Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Sukadana Lampung Timur Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI ARNITA SARI NPM. 14113821.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil belajar adalah salah satu tolak ukur untuk melihat berhasil atau tidaknya suatu proses pembelajaran. Mendapatkan hasil belajar yang baik, merupakan harapan dari setiap siswa, guru, dan orangtua. Berdasarkan prasurvay yang dilakukan oleh penulis di SMP Negeri 3 Sukadana Lampung Timur, diketahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam masih terdapat beberapa siswa yang belum tuntas. Dan berdasarkan wawancara dengan guru Pendidikan Agama Islam perilaku belajar siswa ketika di sekolah dinilai cukup, walaupun masih ada beberapa siswa yang berperilaku belajar kurang baik.

Berdasarkan latar belakang tersebut, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada hubungan antara perilaku belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Sukadana Lampung Timur TP. 2018/2019?, adapun penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara perilaku belajar dengan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Sukadana. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, dokumentasi, dan wawancara. Angket disebarkan kepada siswa kelas VIII tahun pelajaran 2018/2019, dokumentasi penulis gunakan untuk memperoleh hasil belajar siswa, visi, misi, dan profil SMP Negeri 3 Sukadana serta data lain yang sesuai dengan laporan penelitian, dan wawancara untuk melakukan studi pendahuluan tentang perilaku belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VIII di SMP Negeri 3 Sukadana.

Hasil analisis menggunakan product moment diketahui bahwa r hitung lebih besar dari r tabel. Pada taraf signifikan 5% dimana harga r tabel sebesar (0,444) sedangkan pada taraf signifikan 1% sebesar (0,561) dan r hitung (0,872). Karena r hitung> dari r tabel maka Ho (tidak ada hubungannya antara perilaku belajar dengan hasil belajar siswa kelas VIII SMP Negeri3 Sukadana) ditolak dan Ha (ada hubungan antara perilaku belajar dengan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 3 Sukadana) diterima, jadi koefisien product moment yang ditemukan adalah signifikan pada taraf 5% maupun 1%. Dengan demikian hipotesa yang penulis ajukan diterima dengan kesimpulan ada hubungan antara perilaku belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Sukadana Kabupaten Lampung Timur TP.2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 23 Jan 2020 02:18
Last Modified: 23 Jan 2020 02:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1419

Actions (login required)

View Item View Item