Persepsi Masyarakat Metro Pusat Terhadap Kualitas Pelayanan Bank Syariah

Setiawati, Indriani (2018) Persepsi Masyarakat Metro Pusat Terhadap Kualitas Pelayanan Bank Syariah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi Indriani.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Bank syariah merupakan implementasi dari sistem ekonomi islam seharusnya menjadi prioritas utama untuk masyarakat muslim. Selain itu fungsi bank syariah adalah sebagai lembaga intermediasi yaitu menghimpun dana dari masyarakat yang kelebihan dana yang akan disalurkan kembali ke masyarakat yang membutuhkan dana melalui pembiayaan serta memberikan pelayanan produk jasa.Perkembangan lembaga-lembaga keuangan syariah itu tergolong cepat , karena adanya keyakinan yang kuat dikalangan masyarakat muslim bahwa perbankan konvensional itu mengandung unsur riba yang dilarang agama Islam.Dengan pesatnya pertumbuhan perbankan tersebut, memungkinkan terjadinya persaingan yang cukup ketat antar bank.Metro Pusatadalah salah satu kecamatan di Kota Metro dengan jumlah penduduk terbanyak di Metroyang mayoritas pekerjaan masyarakatnya adalah sebagai pedagang. Terdapat banyak pedagang yang beragama muslim, namundalam menjalankan kegiatan ekonomi sehari-hari pedagang tersebut masih menggunakan jasa bank konvensional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi masyarakat Metro Pusat khususnya para pedagang terhadap kulitas pelayanan Bank Syariah.

Penelitian ini termasuk penelitian lapangan ( field research ), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara ( interview )dan dokumentasi. Wawancara dilakukan dengan para pedagang di Metro Pusat. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder.

Hasil penelitian mengenai persepsi masyarakat khususnya pedagang Metro Pusat terhadap kualitas pelayanan Bank Syariah adalahbahwa terdapat4 pedagangmerasa puas dan menilai kualitas pelayanan Bank Syariah sudah cukup bagus dari aspek keramahan, kesopanan,kerapihan penampilan para karyawan,interaksi yang baik dengan nasabah dan memberikan kenyaman bagi nasabah, tetapi ada 1 pedagang berpendapat pelayanan yang ada di Bank Syariahbelum maksimal. Selain itu terdapat 2 pedagang yang tidak lagi menggunakan Bank Syariah karena ketidakpuasan atas pelayanan yang diberikan dan kurang nya mesin ATM Bank Syariah yang tidak dimiliki semua wilayah.Dampak yang terjadi ketika persepsi baik maka Bank Syariah akan menjadi pilihan utama masyarakat, bank semakin berkembang dan kepercayaan nasabah bertambah. Namun jika persepsi masyarakat itu buruk maka berkurang nya jumlah nasabah, tidak ada minat masyarakat untuk menggunakan jasa keuangan Bank Syariah, dan bisa jadi Bank mengalami kebangkrutan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 23 Jan 2020 02:04
Last Modified: 23 Jan 2020 02:04
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1423

Actions (login required)

View Item View Item