Pengaruh Penggunaan Metode PQ4R (Preview, Question,Read, Reflect, Recite, Review)Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas XI SMK Daarul‘Ulya Metro Tahun Pelajaran 2018/2019

Khasanah, Siti (2019) Pengaruh Penggunaan Metode PQ4R (Preview, Question,Read, Reflect, Recite, Review)Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas XI SMK Daarul‘Ulya Metro Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI SITI KHASANAH 14116532.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah yang sering dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa arabkhususnya tentang membaca teks bahasa arab siswa kelas XI SMK Daarul Ulyayaitu siswa kurang mampu memahami isi teks bahasa arab.Lemahnyakemampuan membaca pada siswa dikarenakan belum adanya proses pembelajaranmembaca/qiroah yang inovatif, pembelajaran masih berpusat pada guru.Pentingnya metode pembelajaran bahasa Arab pada kemampuanmembaca pemahaman, maka sangat diperlukan langkah-langkah untukmempermudah pemahamannya.Salah satu metode pembelajaran yang efektifpada pembelajaran bahasa Arab khusunya membaca pemahaman, dapatditerapkan metodePQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review).PQ4R merupakan strategi pemahaman yang membantu siswa berpikir tentangteksyang sedang mereka baca,PQ4R membantu para peserta didik dalam membacadan berpikir layaknya para pembaca efektif.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitianquasi eksperimen(quasi eksperimen) dengan bentuktimeseries design. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelas XI SMK Daarul ‘Ulya, yakniberjumlah 25 Siswa, teknik pengambilan sampel yang penulis lakukan adalahsampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasidigunakan sebagai sampel. Hal ini dilakukan karena jumlah populasi relatif kecil,kurang dari 30 orang.Penelitian ini menggunakan alat pengumpul data berupa metode tes dandokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji urutan bertandaWilcoxon (TheSigned Rank Test). Berdasarkan pengujian hipotesis denganmenggunakan uji urutan bertanda Wilcoxon bahwa Thitung= 0 lebih kecil dari Ttabeldengan tarif signifikan5% (uji dua sisi) =89(Thitung=0<Ttabel=89). Dengandemikian berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho)ditolak. Sehingga dapat diketahui bahwa ada pengaruh penggunaan metodePQ4R(Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review)terhadap kemampuanmembaca siswa kelas XI SMK Daarul ‘Ulya Metro TP.2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 30 Jan 2020 07:10
Last Modified: 30 Jan 2020 07:10
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1679

Actions (login required)

View Item View Item