Peran guru TPA dalam peningkatan minat membaca dan menulis Al-Qur’an santri TPA Darul Ulum kelurahan Iringmulyo kecamatan Metro Timur kota Metro tahun 2018

Dediyansah, Ega (2019) Peran guru TPA dalam peningkatan minat membaca dan menulis Al-Qur’an santri TPA Darul Ulum kelurahan Iringmulyo kecamatan Metro Timur kota Metro tahun 2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 068.FTIK.2019.pdf - Other

Download (6MB) | Preview

Abstract

Guru adalah faktor yang sangat berpengaruh dalam dunia pendidikan terlebih Guru Baca Tulis Al-Qur’an memegang peranan yang sangat strategis dan signifikan dalam mengajarkan ayat-ayat Al-Qur’an pada Santri. Guru Baca tulis AlQur’an agar lebih memperhatikan dan meningkatkan kemampuan membaca AlQur’an pada Santri yang mengalami kesulitan dan penurunan minat membaca dan menulis Al-Qur’an maupun yang telah lancar dalam membaca dan menulis ALQur’an agar dapat membaca AL-Qur’an dengan baik dan benar. Oleh karena itu, diperlukannya Peran Guru dalam meningkatkan minat membaca dan menulis AlQur’an pada diri santri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran yang dilakukan oleh Guru Baca tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan minat membaca dan menulis Al-Qur’an Santri di TPA Darul Ulum Iringmulyo.

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada Guru baca Tulis Al-Qur’an, Kepala TPA, dan Santri terkait peran yang dilakukan oleh Guru baca tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan minat membaca dan menulis Al-Qur’an. Observasi dan dokumentasi dilaksanakan terhadap hal-hal yang berkaitan dengan peran dalam meningkatkan minat membaca dan menulis AlQur’an Santri.

Berdasarkan hasil penelitian, bahwa peran yang dilakukan oleh Guru baca tulis Al-Qur’an dalam meningkatkan minat membaca dan menulis Al-Qur’an Santri kelas besar di TPA Darul Ulum, melalui 5 cara yaitu: 1)guru sebagai pembimbing, 2) pemberian motivasi, 3) guru sebagai konselor 4)guru sebagai pengatur lingkungan 5)guru sebagai partisipan. Faktor pendukung peranan bimbingan Guru TPA dalam meningkatkan minat membaca dan menulis Al-Qur’an di TPA Darul Ulum terdiri dari: dukungan orangtua dan Motivasi .Sedangkan faktor penghambat peranan guru TPA dalam meningkatkan minat membaca dan menulis Al-Qur’an di TPA Darul ulum terdiri dari: media massa khususnya media elektronik serta lingkungan sosial seperti salah memilih teman dalam bergaul. Peranan yang dilakukan oleh Guru TPA dalam meningkatkan minat membaca dan menulis AlQur’an Santri TPA Darul Ulum, telah berjalan dengan baik dan bisa dikatakan cukup berhasil dalam tingkat minat dan perubahan bacaan Al-Qur’an Santri. Hal ini terbukti bahwa sebagian Santri sudah mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar sepert: dapat mengenal huruf hijaiyah,mengetahui hukum bacaan tajwid dan dapat mengamalkanya

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Nov 2019 03:36
Last Modified: 14 Nov 2019 03:36
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/168

Actions (login required)

View Item View Item