Pengaruh Persepsi Masyarakat Tentang Bunga dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Jasa Lembaga Keuangan Syariah(Studi Terhadap Masyarakat Desa Margamulya Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur)

Andriani, Sri (2018) Pengaruh Persepsi Masyarakat Tentang Bunga dan Bagi Hasil Terhadap Keputusan Menggunakan Produk Jasa Lembaga Keuangan Syariah(Studi Terhadap Masyarakat Desa Margamulya Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi SRI ANDRIANI 141273510 S1 PBS.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Beragamnya persepsi, sikap dan perilaku masyarakat terhadap lembaga keuangan syariah, diantaranya disebabkan oleh rendahnya pemahaman dan pengetahuan masyarakat terhadap lembaga keuangan syariah, terutama yang disebabkan dominasi bank konvensional. Perbedaan persepsi atas bagi hasil dan bunga sangat berpotensial mempengaruhi minat masyarakat menggunakan produk lembaga syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi masyarakat tentang bunga dan bagi hasil terhadap keputusan untuk menggunakan produk jasa lembaga keuangan syariah pada Desa Margamulya Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur.Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (Field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Wawancara dilakukan terhadap Masyarakat Desa Margamulya Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Lampung Timur yang menjadi anggota di Lembaga Keuangan Syariah terdekat yaitu BMT An-naafi’Berkah Mandiri. Sumber data penelitian ini ada dua yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Semua data-data tersebut dianalisis secara induktif.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa adanya faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat, yaitu terdiri dari faktor-faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah yang berasal dari diri masyarakat itu sendiri. Faktor internal yang mempengaruhi persepsi masyarakat adalah adanya kebutuhan untuk menabung dan keinginan untuk menghindari riba. Faktor eksternal adalah yang berasal dari objek atau dari BMT An-naafi’ Berkah Mandiri. Faktor eksternal yang mempengaruhi persepsi masyarakat adalah adanya kemudahan pembiayaan yang diberikan oleh BMT, lokasi BMT An-naafi’ Berkah Mandiri yang dekat dengan tempat tinggal masyarakat Desa Margamulya yang menjadi anggota, sistem jemput bola yang diterapkan dalam BMT tersebut, dan pegawai yang ramah serta pelayanan yang baik oleh BMT tersebut kepada setiap anggotanya. Hal-hal tersebut yang mempengaruhi persepsi masyarakat yang menjadi anggota di BMT An-naafi’ Berkah Mandiri untuk memilih menggunakan produk jasa di LKS tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:26
Last Modified: 31 Jan 2020 02:26
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1714

Actions (login required)

View Item View Item