Korelasi Persepsi Tentang Kompetensi Pedagogik Pendidikdan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Yayasan Pendidikan Ma’arif Miftahul Falah Way Dente Tahun Pelajaran 2017/2018

Alim, Zainul (2018) Korelasi Persepsi Tentang Kompetensi Pedagogik Pendidikdan Minat Belajar Dengan Prestasi Belajar Peserta Didik Pada Yayasan Pendidikan Ma’arif Miftahul Falah Way Dente Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ZAINUL ALIM NIM 1606221.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Masalah dalam penelitian ini adalah apakah kompetensi pedagogik pendidikdan minat belajar peserta didikmemiliki hubunganyang positif dan signifikan denganprestasi belajar Pada Yayasan Pendidikan Ma’arif MiftahulFalah Way Dente Tahun Pelajaran 2017/2018.Dalam pelaksanaan penelitian ini tujuan yang hendak dicapai yaitu :Untuk mengatahui besarnya korelasipersepsi tentang kompetensi pedagogik pendidik denganprestasi belajarpeserta didik, korelasiminat belajar dengan prestasi belajar, dan korelasipersepsi kompetensi pedagogik pendidik dan minat belajar secara bersama-sama denganprestasi belajar.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jumlah populasi 150orang dan sampel berjumlah 30 orang. Instrument yang digunakan untuk mengukur persepsi kompetensi pedagogik pendidikdan minat belajar berupa angket yang berjumlah 30 butir item untuk variabel persepsi kompetensi pedagogik pendidik, 12butir item untukvariabelminat belajar. Validitas tes diujidengan menggunakan teknik korelasi product moment. Reliabel tes diuji deganmenggunakan rumus Alpha Cronbarch. Kemudian data dianalisis secara melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis dengan rumusuji korelasi, uji t, uji Fdan regresi linier.

Bedasarkan analisis data telahdiperoleh hasil perhitungan nilai korelasi masing-masing variabel, variabel persepsi kompetensi pedagogik (X1) memiliki hubungan yang positif dansignifikan dengan prestasi belajarhal itu dibuktikan dengan nilai thitung > ttabelyaitu0.957>0.361, korelasi minat belajar (X2) memiliki pengaruh yang positif dan signifikan denganprestasi belajarhal itu dibuktikan dengan nilai thitung > ttabelyaitu 0.960> 0.361,kompetensi pedagogic dan minat belajar secara bersama-sama memiliki hubunganyang positif dan signifikan dengan prestasi belajar hal itu dibuktikan dengan nilai thitung>ttabelyaitu 0.911>0.361). Nilai-nilai tersebut jika digeneralisasikan dengan tabel uji Fdiperoleh Fhitung>Ftabel(16.896>3.225), ini berarti nilai korelasi yang telah diperoleh juga berlaku untuk seluruh populasi.Dapat disimpulkan bahwa kompetensi pedagogik dan minat belajar memiliki hubungan yang positif dan signifikan dengan prestasi belajar peserta didik pada Yayasan Pendidikan Ma’arif Miftahul Falah Way Dente Tahun Pelajaran 2017/2018.

Kata Kunci: Kompetensi Pedagogik Pendidik, Minat Belajar,Prestasi BelajarPeserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pascasarjana
Divisions: Pascasarjana > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 31 Jan 2020 02:56
Last Modified: 31 Jan 2020 02:56
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1723

Actions (login required)

View Item View Item