Pengaruh keharmonisan keluarga terhadap perilaku anak di Desa Sember Mulyo Dusun IV Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus

Fauziah, Fais (2019) Pengaruh keharmonisan keluarga terhadap perilaku anak di Desa Sember Mulyo Dusun IV Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 073.FTIK.2019.pdf - Other

Download (7MB) | Preview

Abstract

Perilaku anak dapat diartikan sebagai suatu reaksi psikis yang digolongkan dalam dua golongan yaitu bentuk pasif (tanpa tindakan nyata) dan bentuk aktif (tindakan konkrit) sedangkan dalam pengertian umum perilaku adalah segala perbuatan yang dilakukan keluarga menentukan pendidikan anak itu selanjutnya. Perlakuan orang tua yang penuh kasih sayang dalam pendidikan nilai agama maupun nilai sosial budaya. Kasih sayang orang tua yang diberikan kepada anak merupakan faktor untuk mempersiapkan anak menjadi pribadi dan warga masyarakat yang sehat dan produktif. Keharmonisan keluarga merupakan sarana pembentukan perilaku anak. Oleh sebab itu, keluarga yang memiliki latar belakang yang baik dengan pengetahuan yang luas maka akan mampu membimbing dan mengarahkan putra putri mereka kearah yang lebih baik.

Penelitian ini untuk mengetahui pengaruh keharmonisan keluarga terhadap perilaku anak di Desa Sumber Mulyo Dusun IV Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus? Penelitian yang penulis lakukan merupakan penelitian kuantitatif yang dalam pengolahan datanya menggunakan penelitian populasi, karena sampel yang diteliti jumlahnya kurang dari 100. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak di Desa Sumber Mulyo Dusun IV Kecamatan Sumberejo, berjumlah 36 anak yang umurnya 7-14 Tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil perhitungan diketahui bahwa besarnya chi kuadrat tabel (X²) lebih besar dari pada chi kuadrat tabel (xt²), baik pada taraf signifikasi 1% maupun pada taraf signifikasi 5% pada db=4. Dimana chi kuadrat hitung adalah = 21,53 sedangkan harga chi kuadrat tabel (xt²) pada db=4 adalah taraf signifikasi 1% sebesar 13,227 dan untuk taraf signifikasi 5% sebesar 9,488. Dengan demikian bahwa harga chi kuadrat hitung (xh²) sebesar 21,53 adalah lebih besar dari chi kuadrat tabel pada taraf signifikasi 1% dan taraf signifikasi 5%.

Dengan demikian hasil analisa data dengan menggunakan rumus chi kuadrat (x2) dimana diketahui bahwa harga chi kuadrat hitung (x2) sebesar 21,53 adalah lebih besar dari harga chi kuadrat tabel (xt2), baik pada taraf signifikan 5% (9,488). Sehingga Ha dalam penelitian ini diterima, dengan kesimpulan bahwa terdapat pengaruh keharmonisan keluarga terhadap prilaku anak di Desa Sumber Mulyo Dusun IV Kecamatan Sumberejo Kabupaten Tanggamus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 14 Nov 2019 07:13
Last Modified: 14 Nov 2019 07:13
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/173

Actions (login required)

View Item View Item