Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Daarul‘Ulya Metro Tahun Pelajaran 2018/2019

Widodo, Eko (2019) Pengaruh Penggunaan Metode Drill Terhadap Kemampuan Membaca Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTs Daarul‘Ulya Metro Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI EKO WIDODO 14116102.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Masalah yang sering dihadapi dalam proses pembelajaran bahasa arabkhususnya tentang membaca teks bahasa arab siswa kelasVIII MTsDaarul Ulyayaitu siswa kurang mampu memahami isi teks bahasa arab. Lemahnyakemampuan membaca pada siswa dikarenakan belum adanya proses pembelajaranmembaca/qiroah yang inovatif, pembelajaran masih berpusat pada guru.

Pentingnya metode pembelajaran bahasa Arab pada kemampuanmembaca, maka sangat diperlukan langkah-langkah untuk mempermudahpemahamannya. Salah satu metode pembelajaran yang efektif pada pembelajaranbahasa Arab khusunya membaca, dapat diterapkan metodedrill.Metode drillmerupakancara mengeajar dengan memberikan latihan-latihan terhadap apa yangdiperoleh siswa sehingga diperoleh suatu keterampilan tertentu.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitianquasi eksperimen(quasi eksperimen) dengan bentuktimeseries design. Populasidalam penelitian ini adalah seluruh Siswa kelasVIII MTsDaarul ‘Ulya, yakniberjumlah 25 Siswa, teknik pengambilan sampel yang penulis lakukan adalahsampling jenuh yaitu teknik penentuan sampel bila semua anggota populasidigunakan sebagai sampel. Hal ini dilakukan karena jumlah populasi relatif kecil,kurang dari 30 orang.Penelitian ini menggunakan alat pengumpul data berupa metode tes dandokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan uji urutan bertanda Wilcoxon (The Signed Rank Test). Berdasarkan pengujian hipotesis denganmenggunakan uji urutan bertanda Wilcoxon bahwa Thitung= 0 lebih kecil dari Ttabeldengan tarif signifikan 5% (uji dua sisi) =89 (Thitung=0<Ttabel=89). Dengandemikian berarti bahwa hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho)ditolak. Sehingga dapat diketahui bahwa ada pengaruh penggunaan metodeDrillterhadap kemampuan membaca siswa kelasVIII MTsDaarul ‘Ulya MetroTP.2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:40
Last Modified: 31 Jan 2020 04:40
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1747

Actions (login required)

View Item View Item