Pengaruh Penerapan Media Strip Story Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X di MAMuhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2018/2019

Khairurizqi, Ilham Azam (2019) Pengaruh Penerapan Media Strip Story Terhadap Kemampuan Kosakata Bahasa Arab Pada Siswa Kelas X di MAMuhammadiyah Metro Tahun Ajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI (ILHAM AZZAM KHAIRUR RIZQI 13100572).pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuipengaruhpenerapanmedia strip story berbasis ITterhadap kemampuan menghafal kosakata bahasa Arab pada siswaKelas X MA Muhammadiyah Metro. Ada beberapa submasalah yang akan dibahas padaskripsiiniadalah 1) Bagaimana kemampuankosakata bahasa Arab bagi siswaKelas X MA Muhammadiyah Metrotanpa menggunakan Media Strip Story?, 2) Bagaimana kemampuankosakata bahasa Arab bagi peserta didikkelasX MA Muhammadiyah Metrodengan menggunakan Media Strip Story?, Untuk menjawab masalah tersebut penelitianini menggunakan penelitian Quasi Experimentaldengan rancangan penelitian menggunakan Nonequivalent control group designyang dilaksanakan dalam duakali pertemuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MA Muhammadiyah Metrotahun ajaran 2018/2019. Sampel penelitian ini yaitu kelas X Agamasebagai kelas eksperimen dan kelas X IPSsebagai kelas kontrol. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik Purpossive Sampling.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Strip Story efektif meningkatkan kemampuan kosakata. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai hasil belajar yang mengalami peningkatan, yaitu nilai rata-rata tes awal siswa pada kelompok eksperimen 64,9 dan tes akhinya yaitu 76,88 . Standar deviasi tes awal 6,69 dan tes akhir 7,18 sedangkan pada kelompok kontrol nilai tes awalnya yaitu 57,5 dan tes akhirnya yaitu 67,94. Standar devisi tes awal 5,5 dan tes akhir 7,8. Untuk pengujian hipotesis menggunakan uji-t. Hasil uji-t terhadap hasil tes awal diperoleh thitung≤ ttabel(1,10≤ 2,038) pada α =0,05 dengan dk = 17, yang berarti tidak terdapat perbedaan sehingga dapat disimpulkan bahwa kedua kelompok berangkat dari kemampuan awal yang sama. Sedangkan hasil uji-t terhadap hasil tes akhir diperoleh thitung> ttabel(4,97 > 2,038) pada α =0,05 dengan dk = 18.

Berarti terdapat perbedaan hasil belajar antara kelompok eksperimen dengan kelompok kontrol sesuai dengan hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini. Hal ini mengindikasikan bahwa hasil belajar siswa pada kelompok eksperimen yang menerapkan Media Strip Story lebih baik daripada hasil belajar siswa di kelas kontrol yang menerapkan metodeceramah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 31 Jan 2020 04:51
Last Modified: 31 Jan 2020 04:51
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1751

Actions (login required)

View Item View Item