Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTs Negeri 2 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017

Anggraini, Atika (2017) Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII MTs Negeri 2 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
ATIKA ANGGRAINI - 1397931.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Metode demonstrasi merupakan metode penyajian pelajaran dengan memperagakan dan mempertunjukan kepada peserta didik tentang suatu proses, situasi atau benda tertentu, baik sebenarnya atau hanya sekedar tiruan.aktivitas belajar merupakan segala bentuk kegiatan yang dilakukanpeserta didik dalam interaksi belajar (guru dan peserta didik) dengan penuh kesadaran dalam rangka mencapai hasil belajar peserta didik yang maksimal. Aktivitas yang dimaksudkan disini penekanannya adalah pada peserta didik, sebab dengan aktivitas pesertadidik dalam proses pembelajaran maka akan tercapai situasi belajar aktif.

Rumusan masalah pada penelitan ini adalah “Apakah Ada Pengaruh Metode Demonstrasi Terhadap Aktivitas Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Fiqih Kelas VII di MTsNegeri2Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017. Adapun tujuan penelitan ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode demonstrasi terhadap aktivitas belajar peserta didik mata pelajaran Fiqih peserta didik kelas VII MTsNegeri2Lampung TimurTahun Pelajaran 2016/2017.Penelitian yang peneliti lakukan adalah penelitian kuantitatif, populasinya ada 197 peserta didik dengan sampel 41 peserta didik kelas VII dan teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik sampel randomyaitu pengambilan anggota sampel dari populasi dilakukan secara acak tanpa memperlihatkan starta yang ada dalam populasi itu. Metode pengumplan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggukan Korelasi Pearson Product Moment.

Berdasarkan analisnya, data diperoleh menggunakan perhitungan Korelasi Pearson Product Momentdidapatkan harga Korelasi Pearson Product Moment(rxy) = 0.670 sedangkan harga rtabel 0,316 pada tebel dengan taraf signifikan 5%. Berdasarkan hasil tersebut maka Korelasi Pearson Product Moment(rxy) lebih besar dari pada harga rtabel maka hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dapat disimpulkan ada pengaruh metode demonstrasi terhadap aktivitas belajar peserta didik mata pelajaran fiqih kelas VII MTs Negeri 2 Lampung Timur Tahun Pelajaran 2016/2017.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 03 Feb 2020 06:20
Last Modified: 03 Feb 2020 06:20
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1778

Actions (login required)

View Item View Item