Modernisasi dalam sistem pendidikan pondok pesantren (Studi di Pondok Pesantren Darul Ishlah Desa Purwajaya Kecamatan Banjar MargoTulang Bawang)

Sholihah, Mar atus (2019) Modernisasi dalam sistem pendidikan pondok pesantren (Studi di Pondok Pesantren Darul Ishlah Desa Purwajaya Kecamatan Banjar MargoTulang Bawang). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 224.FTIK.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren (Studi Di Pondok Pesantren Darul Ishlah Desa Purwajaya Kecamatan Banjar MargoTulang Bawang), kajiannya dilatar belakangi oleh perubahan dan pengembangan sistem pendidikan pesantren yang semakin lama semakin terbuka dengan pola dari luar, untuk menjawab tuntutan zaman. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menjawab permasalahan: (1) Arti penting modernisasi sistem Pendidikan pesantren di pondok pesantren Darul Ishlah Desa Purwajaya Kecamatan Banjar Margo Tulang Bawang (2) Bagaimana proses modernisasi sistem Pendidikan pesantren di Darul Ishlah Desa Purwajaya Kecamatan Banjar Margo Tulang Bawang.

Skripsi ini termasuk jenis penelitian kualitatif lapangan, studi tersebut dilaksanakan di Pondok Pesantren Darul Ishlah Desa Purwajaya Kecamatan Banjar Margo Tulang Bawang. Selain dari pondok pesantren tersebut juga digunakan studi kepustakaan yang dijadikan sumber data. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi. selanjutnya analisis data dalam penelitian ini lebih difokuskan selama proses di lapangan bersamaan dengan pengumpulan data.

Analisis data selama di lapangan menggunakan analisis data deskriptif. Aktifitas dalam analisis datanya yaitu: pemaparan data, penyajian data, dan kesimpulan. Dari hasil penelitian bahwa pelaksanaan Modernisasi Sistem Pendidikan Pesantren cukup baik, meliputi: (1) Arti penting modernisasi sistem Pendidikan di pondok pesantren Darul Ishlah Desa Purwajaya Kecamatan Banjar Margo Tulang Bawang adalah berusaha untuk menyempurnakan sistem pendidikan Islam yang ada di pesantren Darul Ishlah, dengan tujuan agar para santrinya bisa secara cepat beradaptasi dalam setiap bentuk perubahan peradaban dan bisa diterima dengan baik oleh masyarakat, karena mereka memiliki kemampuan yang siap pakai. (2) Proses modernisasi sistem pendidikan pesantren adalah dengan mengembangkan komponen-komponen yang saling menguatkan seperti: cara berpikir yang ilmiah, administrasi, kurikulum, struktur organisasi, sarana prasarana, dan metode Pendidikannya. Dalam pengembangan tersebut pondok pesantren Darul Ishlah harus benar-benar selektif dalam menerima dan mengadopsi pola-pola dari luar, Agar tidak kehilangan ciri khas dari pesantren itu sendiri. Dalam penelitian tersebut peneliti menemukan kekurangan dalam kurikulum pendidikannya yakni mengenai penambahan materi pendidikan umum dan pengembangan bidang ketrampilan dan pelatihan untuk menyalurkan dan mengembangkan potensi yang dimiliki santri, Selain itu mengenai metode pengajarannya masih menggunakan metode lama. Sehingga masih perlu menambah dengan metode modern.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 15 Nov 2019 07:37
Last Modified: 15 Nov 2019 07:37
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/183

Actions (login required)

View Item View Item