Analisis Penyebab Konsumen Lebih Memilih Berbelanja di Pasar Tradisional di Bandingkan Pasar Modern ( Studi Kasus Masyarakat 15a Kota Metro)

Agustina, Ria (2018) Analisis Penyebab Konsumen Lebih Memilih Berbelanja di Pasar Tradisional di Bandingkan Pasar Modern ( Studi Kasus Masyarakat 15a Kota Metro). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
RIA AGUSTIN.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pemasaran adalah suatu proses sosial yang dengan proses itu individu atau kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain. Pasar tradisional selalu menjadi indikator nasional di dalam memelihara stabilitas harga pangan untuk sembilan kebutuhan bahan pokok sedangkan pesatnya pembangunan pasar modern dirasakan oleh banyak pihak berdampak terhadap keberadaan pasar tradisional. Di satu sisi, pasar modern dikelola secara profesional dengan fasilitas yang serba lengkap di sisi lain, pasar tradisional masih berada dengan permasalahan klasik seputar pengelolaan yang kurang professional dan ketidaknyamanan berbelanja di dalam pengertian yang sederhana atau sempit pasar tradisional adalah tempat terjadinya transaksi jual beli (penjualan dan pembelian) yang dilakukan oleh penjual dan pembeli yang terjadi pada waktu dan tempat tertentu dan pasar modern adalah pasar yang penjual dan pembeli tidak bertransaksi secara langsung melainkan pembeli melihat label harga yang tercantum dalam barang (barcode), berada di dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga. Pasar Modern merupakan tempat penjualan barangbarang kebutuhan rumah tangga (termasuk kebutuhan sehari-hari), di mana penjualan dilakukan secara eceran dan dengan cara swalayan (konsumen mengambil sendiri barang dari rak dagangan dan membayar ke kasir.

Tujuan penelitian ini ialah untuk mengetahui analisis penyebab konsumen lebih memilih berbelanja dipasar tradisional di bandingkan pasar modern. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan yang menjadi populasi para konsumen yang berbelanja, para pedagang pasar Tejo Agung 24 Metro Timur. Metode pengumpulan data yang di pergunakan adalah interview, dokumentasi dan observsi, tehnik analisis data yang dipergunakan ialah kualitatif lapangan dengan menggunakan cara berfikir indukatif.

Berdasarka hasil penelitian di ketahui bahwa masyarakat 15a Kota Metro sebagian besar cenderung lebih memilih berbelanja dipasar tradisional namun sebagian besar juga memilih untuk berbelanja dipasar tradisional dan modern, menurut pendapat yang mereka sampaikan dapat di simpulkan bahwa menurut apabila mereka berbelanja di pasar tradisional mereka dapat menawar dari harga yang telah di tetapkan dan mereka juga dapat berintersi secara langsung sedangkan apabila dipasar moderb mereka hanya dapat melihat harga yang tersedi di barang yang di inginkan saja

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Desy Puspitha .
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:12
Last Modified: 04 Feb 2020 03:12
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1869

Actions (login required)

View Item View Item