Hubungan Antara Hafalan Kosakata dengan Kemampuan Pidato Bahasa Arab Siswa Kelas XI ‎SMA‎ TMI‎ Roudlotul ‎Qur’an‎ Metro‎‎ Tahun Pelajaran 2017/2018

Wardana, Aziz Bayu (2018) Hubungan Antara Hafalan Kosakata dengan Kemampuan Pidato Bahasa Arab Siswa Kelas XI ‎SMA‎ TMI‎ Roudlotul ‎Qur’an‎ Metro‎‎ Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
AZIZ BAYU WARDANA 13100262.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pidato merupakan jenis pengungkapan lisan,dimana seorang pembicara mengungkapkan pemikiranya kepada audiens.Pidato merupakan sarana interaksi bahasa yang memiliki keterkaitan erat dengan pemindahan pemikiran dan pemaparanya kepada para audiens. Melalui pidato siswa memiliki kepercayan diri dalam mengungkapkan suatu topik atau kondisi tertent mengunakan rangkaian kalimat dan pengungkapan yang dipelajarinya,serta kaidah-kaidah bahasa. Tidak ada cara bagi hasilnya kemampuan pidato bahasa Arab,kecuali siswa sunguh-sunguh berlatih mengungkapkan pemikiran di depan para audiens dengan lisan yang fasih dan selamat dari berbagai aib pengucapan.Siswa harus memiliki kosakata yang sesuai,agar mampu mengungkapkan pemikiranya.Oleh karena itu keberhasilan siswa dalam pidato bahasa Arab berkaitan erat dengan hafalan kosakata yang diperolehnya.

Berdasarkan uraian diatas,peneliti melakukan penelitianuntuk mengetahui hubunganantara hafalan kosakata dengan kemampuan pidato bahasa Arab.Dalam penelitian ini peneliti mengajukan rumusan masalah,yaitu:“Apakah ada hubungan antara hafalan kosakata dan kemampuan pidato bahasa Arab siswa kelas XIIPB SMA TMI Roudlotul Qur’an Metro tahun pelajaran 2017-2018.Peneliti mengunakan desain penelitian kuantitatif, yang bersifat korelatifuntuk mengetahui derajat hubungan antara dua variabel,yaitu variabel hafalan kosakata dan kemampuan pidato bahasa Arab.Adapun alat pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan dokumentasi,sedangkan analisis data mengunakan rumus Product Moment.

Adapun hasil penelitian yaitu ada hubungan antara hafalan kosakata dengan kemampuan pidato bahasa Arab siswa kelas XI SMA TMI Roudlotul Qur’an Metro tahun pelajaran 2017-2018. hal itu karena nilai rhitungdiperoleh 0,707 dan ketika dibandingkan dengan nilai rtabel pada derajat kebebasan 27, pada level signifikansi 5% sebesar 0,380, maka nilai rhitunglebih besar daripada nilai rtabel. Oleh karena itu hipotesis yang peneliti ajukan, yaitu: ada hubungan antara hafalan kosakata dan kemampuan pidato bahasa Arab siswa kelas XI SMA TMI Roudlotul Qur’an Metro tahun pelajaran 2017-2018”,diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:08
Last Modified: 04 Feb 2020 03:08
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1880

Actions (login required)

View Item View Item