Pengaruh Gambar Kemasan Rokok Terhadap Minat Beli Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2013 IAIN Metro

Febrianti, Dian (2018) Pengaruh Gambar Kemasan Rokok Terhadap Minat Beli Mahasiswa Ekonomi Syariah Angkatan 2013 IAIN Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI DIAN FEBRIANTI (13102604).pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Indonesia menjadi urutan negara tertinggi di Asia Tenggara yang memiliki jumlah perokok terbanyak. Oleh karena itu, untuk mengurangi semakin banyaknya jumlah perokok di Indonesia, Pemerintah mengeluarkan berbagai macam aturan untuk menekan angka penghisap rokok. Salah satu dari aturan tersebut adalah Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 109 Tahun 2012 tentang Pengamanan Bahan yang Mengandung Zat Adiktif Berupa Produk Tembakau Bagi Kesehatan. Mulai tahun 2014 seluruh rokok yang beredar di Indonesia harus menyertakan peringatan bahaya rokok, disertai gambar menyeramkan dari akibat merokok pada bungkusnya. Gambar yang dicantumkan pada kemasan rokok meliputi gambar orang merokok dengan asap yang membentuk tengkorak, gambar kanker tenggorokan, gambar kanker paru-paru, gambar orang merokok dengan anak di dekatnya, dan gambar kanker mulut.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh gambar kemasan rokok terhadap minat beli Mahasiswa Ekonomi Syariah angkatan 2013 IAIN Metro. Metode penelitian ini, menggunakan jenis penelitian lapangan (field reseach) yang bersifat deskriptif kualitatif. Adapun metode pengumpulan data di dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi serta teknik analisis data kualitatif dengan menggunakan metode berfikir induktif.
Hasil penelitian ini adalah pencantuman gambar pada kemasan rokok belum berjalan efektif. Tidak banyak dari mahasiswa yang memperhatikan gambar kemasan rokok tersebut. Mahasiswa Ekonomi Syariah angkatan 2013 memutuskan untuk tetap membeli rokok, meskipun mereka mengetahui dampak dari bahaya merokok, akan tetapi minat beli rokok mereka tetap tinggi. Minat beli terhadap rokok dipengaruhi oleh beberapa faktor baik internal atau faktor eksternal. Faktor yang mempengaruhi mahasiswa Jurusan Ekonomi Syariah angkatan 2013 IAIN Metro adalah faktor budaya, faktor sosial, harga, cita rasa, gaya hidup, motifasi, dan dan persepsi. Faktor yang lebih dominan terhadap minat beli rokok mahasiswa adalah faktor sosial yaitu kelompok acuan, faktor budaya dan gaya hidup. Minat beli mahasiswa terhadap rokok dikatakan sebagai minat transaksional, yaitu kecenderungan seseorang untuk membeli produk yang diinginkan. Walaupun terdapat gambar kemasan rokok mahasiswa akan mengabaikannya dan tetap membeli rokok tersebut karena rokok sudah menjadi kebutuhan. Dengan demikian tidak ada pengaruh yang signifikan antara pencantuman gambar kemasan rokok terhadap minat beli mahasiswa Ekonomi Syariah angkatan 2013 IAIN Metro.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 04 Feb 2020 07:20
Last Modified: 04 Feb 2020 07:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1884

Actions (login required)

View Item View Item