Pengaruh Penerapan Metode Drill Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Ma`Arif 22 Bangun Rejo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018

Arifin, Ikhwanul (2018) Pengaruh Penerapan Metode Drill Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VIII MTs Ma`Arif 22 Bangun Rejo Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI IKHWANUL ARIFIN 13100562.pdf - Other

Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam pembelajaran berbicara,guru harus membiasakansiswa berlatih mengerjakan hal yang harus dilakukan siswa ketika berbicara, dan mengungkapkan pemikiran tentang topik tertentu. Hal itu bertujuan menguatkan materi yang telah dipelajari menjadi keterampilan motorik. Oleh karena itu, latihan memiliki peranmenting dalam mendorong keberanian siswa untuk mengungkapkan, dan menekankan pada pembiasaan, dimana keterampilan yang kokoh akan dihasilkan berama dengan latihan yang dibasakan.

Berdasarkan uraian di atas,peneliti melakukan penelitian eksperimen denganmenerapkan metode drillpada pembelajaran bahasa Arab siswa kelas VIII MTs Ma`arif 22 Bangun Rejo Lampung Tengah. Pertanyaan penelitian yang diajukan yaitu: “Apakah ada pengaruh penerapan metode drillterhadap keterampilan berbicara siswa kelas kelas VIIIMTs Ma`arif 22 Bangun Rejo Lampung Tengahtahun pelajaran 2017/2018?”. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas epskerpimen dan kelas kontrol. Kelas eksperimen adalah kelas VIII B dengan jumlah siswa 34 orang. Sedangkan kelas kontrol adalah kelas VIII VIII A, dengan jumlah siswa 33 orang. Alat pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan rumus Anova.

Hasil penelitian menunjukkan penerapan metode drillberpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTs Ma`arif 22 Bangun Rejo Lampung Tengah tahun pelajaran 2017/2018. Rata-rata nilai pos-testkelas eksperimen lebih tinggi dari rata-rata nilai pos-test kelas kontrol, dimana rata-rata nilai pos-test kelas eksperimen sebesar 76,32, dan rata-rata nilai pos-test kelas kontrol sebesar 72,12. Ketuntasan pada kelas eksperimen sebesar 94,12% dan pada kelas kontrol sebesar 84,85%. Hasil uji hipotesis menunjukkan nilai fhitungsebesar 8,871 dan ketika dibandingkan dengan ftabelpada derajat kebebasan 1,65 pada taraf signifikansi 5% sebesar 3,99, nilai fhitunglebih besar dari ftabel(8,871>3,99). Dengan demikian hipotesis yang peneliti ajukan “Penerapan metode drillberpengaruh signifikan terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VIII MTs Ma`arif 22 Bangun Rejo Lampung Tengah tahun pelajaran 2017/2018”, diterima.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:18
Last Modified: 04 Feb 2020 03:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1886

Actions (login required)

View Item View Item