Meningkatkan Keterampilan Membaca dengan Penerapan Metode Kaidah dan Tarjamah Pada Santri Kelas Jurumiyyah Madarasah Diniyah Darul A`Mal Metro Tahun Pelajaran 2017/2018 M

Muhsin, Muhammad (2018) Meningkatkan Keterampilan Membaca dengan Penerapan Metode Kaidah dan Tarjamah Pada Santri Kelas Jurumiyyah Madarasah Diniyah Darul A`Mal Metro Tahun Pelajaran 2017/2018 M. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI MUHAMMAD MUHSIN 1286032.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran membaca penting diberikan kepada siswa sejak usia paling awal, yang memberi kesempatan seluas-luasnya kepada siswa untuk memperbaiki pengucapan, dan kemampuan penyampaian suara. Melalui membaca siswa dapat meningkatkanketerampilannya dari segi pengucapan huruf dan kalimat kepada kecepatan membaca, kemampuan menemukan makna, dan pengungkapan yang benartentang teks yang dibacaya. ‎

Berdasarkan uraian di atas, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas ‎dengan menerapkan metode kaidah dan terjemah ‎untuk meningkatkan keterampilan membaca santri kelas jurumiyyah Madarasah Diniyah Darul A`mal ‎Metro. Dalam penelitian ini, ‎peneliti mengajukan pertanyaan penelitian, yaitu: “Apakah‎metode kaidah dan terjemah ‎dapat meningkatkan keterampilan membaca santri kelas jurumiyyah Madarasah Diniyah Darul A`mal ‎Metro tahun pelajaran 2017-2018?”.‎‎Dalam penelitian ini,peneliti menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, dimana dalam setiap siklus terdapat tigapertemuan. Adapun alat pengumpul data yang digunakan adalah tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus persentase.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan metode kaidah dan terjemahdapat meningkatkan keterampilan membaca santri kelas jurumiyyah Madarasah Diniyah Darul A`mal ‎‎Metro, dimana nilai tes siswa meningkat dari siklus I ke siklus 2. Hal tersebut dikarenakan total nilai tes di akhir siklus I sebesar 2185, dan di akhir siklus 2 sebesar 2250.Siswa yang mencapai ketuntasan pada siklus 1 sebanyak 22 orang (73%), sedangkan siswa belum tuntas di akhir siklus 2 sebanyak 8orang (26,7%), sedangkan di siklus 2 siswa yang tuntas sebanyak 27 orang (90%), siswa yang tidak tuntas 3 orang (10%).Berdasarkan hal tersebut diketahui adanya peningkatan ketuntasan dari siklus I ke siklus 2 sebesar 17%. Oleh karena‎ itu‎ hipotesis‎ yang‎ peneliti‎ ajukan,‎ yaitu:‎ “Penggunaan‎ metode‎kaidah dan terjemah dapat meningkatkan keterampilan membaca santri kelas jurumiyyah Madarasah Diniyah Darul A`mal ‎Metro tahun pelajaran 2017/‎‎2018”.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:30
Last Modified: 04 Feb 2020 03:30
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1894

Actions (login required)

View Item View Item