Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) Terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Kelas VII MTs Nurul Huda Adiwarno 2017/2018

Erniati, Mulan (2018) Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) Terhadap Penguasaan Kosa Kata Bahasa Arab Pada Kelas VII MTs Nurul Huda Adiwarno 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
SKRIPSI MULAN ERNIATI 13100782.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kosa kata merupakan materi bahasa untuk memberibekal kepada siswa dalam keterampilan berbahasa, karena kosa kata merupakan unsurpokok dalam menghasilkan keterampilan berbahasa, seperti mendengar, membaca, berbicara, dan menulis. Kosa kata ini merupakan bekal awal bagi seseorang untuk menggunakan bahasa sebagai sarana interaksi di berbagai bidang khususnya dalam bidang pendidikan, yang menuntut siswa agar memiliki kemampuan kosa kata untuk memahami isi buku, dan memperoleh pengetahuan yang terkandung didalamnya. Oleh karena itu, kosa kata merupakan hal yang paling penting untuk diperhatikan guru agar dimiliki siswa dalam proses pembelajaran, khususnya dalam pembelajaran bahasa arab.

Jenis penelitian ini adalahpenelitian eksperimen dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) pada siswa kelas VII MTs Nurul Huda Batanghari. Dalam penelitian ini, peneliti mengajukan pertanyaan penelitian “adakah pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT (Tem Game Tournament) dalam penguasaan kosa kata bahasa arab pada sisswa kelas VII MTs Nurul Huda Batangharitahun pelajaran 2017/2018?”. Peneliti menggunakan desain penelitian eksperimen yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Alat pengumpulan data menggunakan tes yaitu pre-test dan post-test. Adapun teknik analisis data menggunakan uji t tes.

Adapun hasil penelitian yaitu: pengaruh pembelajaran kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament) dapat meningkatkan kemampuan kosa kata siswa dimana nilai tes kelas eksperimen lebih tinggi dari nilai siswa kelas kontrol. Hal itu karena rata-rata nilai post tes kelas eksperimen dan pada kelas kontrol. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan nilai t hitung sebesar dan ketika dibandingkan dengan t table pada derajat kebebasan 34. Dan taraf signifikan 5% lebih tinggi dari nilai t table (2,03< 4,97 ). Oleh karena itu dapat diambil kesimpulan yaitu adanya perbedaan antara kemampuan kosta kata kelas eksperimen dan kelas kontrol dan hipotesis penelitian berbunyi “pembelajaraan kooperatif tipe TGT (Team Game Tournament)berpengaruh terhadap penguasaan kosakata bahasa arab pada siswa kelas VII MTs Nurul HudaBatangharitahun pelajaran 2017/2018”

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Arab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 04 Feb 2020 03:39
Last Modified: 04 Feb 2020 03:39
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/1898

Actions (login required)

View Item View Item