Penggunaan media sate bilangan untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian siswa SD Negeri 02 Cempaka Nuban tahun pelajaran 2018/2019

Ayu Purnama, Indah (2019) Penggunaan media sate bilangan untuk meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian siswa SD Negeri 02 Cempaka Nuban tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 149.FTIK.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu ilmu yang memiliki peran yang sangat penting. Peserta didik memerlukan matematika untuk memenuhi kebutuhan praktis dan memecahkan masalah dalam kehidupan sehari- hari. Ilmu matematika sebagai bekal pengetahuan serta untuk membentuk sikap dan pola pikir. Keberhasilan dari pembentukan sikap dan pola pikir ditentukan oleh proses pembelajaran. Maka dari itu sebagai pendidik harus kreatif dalam menciptakan pembelajaran yang lebih bermakna dan mudah dipahami oleh peserta didik. Latar belakang dari penelitian ini yaitu banyak siswa yang menganggap pelajaran matematika itu sulit daan siswa kurang tertarik untuk belajar matematika.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah pengunaan media sate bilangan dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SD Negeri 02 Cempaka Nuban Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan penelitian ini adalalah Untuk menjelaskan penggunaan media sate bilangan dalam meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian siswa kelas II SD Negeri 02 Cempaka Tahun Pelajaran 2018/2019

Jenis dari penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) , dan Subyek penelitian siswa SD kelas II yang berjumlah 23 siswa. Penelitian ini yaitu menggunakan teknik pengumpulan data Tes, Obsevasi dan Dokumentasi. ditujukan kepada siswa kelas II untuk melihat peningkatan pemahaman atau kemampuan opeasi hitung siswa menggunakan media sate bilangan , serta dokumentasi yang bertujuan untuk mendapatkan data tentang identitas latar belakang, sosial komunitas sekolah, dan foto-foto yang diambil pada saat pembelajaran.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif, analisis data dihitung dengan menggunakan rumus menghitung rata-rata dan rumus menghitung persentase.

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan media sate bilangan kemampuan operasi hitung siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus II. Pada siklus I kemampuan operasi hitung siswa mencapai ketuntasan 69,56 % pada siklus II mencapai 82,60. Selisih Siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 13,04%. Hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media sate bilangan dapat meningkatkan kemampuan operasi hitung perkalian siswa SDN 02 Cempaka Nuban tahun pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 18 Nov 2019 08:06
Last Modified: 18 Nov 2019 08:06
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/193

Actions (login required)

View Item View Item