Analisis Bentuk Tindak Tutur Pada Surat-Surat Di STAIN Jurai Siwo Metro

Umi, Yawisah (2015) Analisis Bentuk Tindak Tutur Pada Surat-Surat Di STAIN Jurai Siwo Metro. Stain Jurai Siwo Metro.

[img]
Preview
Text (Analisis_Bentuk_Tindak_Tutur_Pada_Surat-Surat_Di_STAIN_Jurai_Siwo_Metro)
laporan_penelitian_2015.pdf

Download (25MB) | Preview

Abstract

Salah satu gejala tuturan dalam proses komunikasi adalah tindak tutur(Speech act). yaitu unsur pragmatik yang melibatkan pembicara dan pendengar atau penulis dan pembaca, serta hal-hal yang dibicarakan. Hal ini tampak juga dalam surat-surat yang dikirimkan secara internal dari pihak lembaga(STAIN Jurai Siwo Metro) kepada para dosen. Beberapa contoh tindak tutur tersebut adalah :
-Dimohon kesediaan Bapak/Ibu/Sdr./i untuk hadir pada acara pembukaan penutupan dan menjadi peserta pada kegiatan dimaksud. Bagi yang terlambat mengumpulkan soal melewati batas akhir waktu penyerahan agar menggandakan sendiri soal ujiannya.
Tujuan penelitian: a) mendeskripsikan berbagai tipe tindak tutur yang terdapat pada surat-surat yang dikirimkan secara internal dari STAIN Jurai Siwo Metro kepada para dosen b) menginventarisir serta menjelaskan seberapa banyak jumlah masing-masing tipe tindak tutur yang terdapat pada surat-surat tersebut Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Data berupa tuturan pada isi surat-surat yang dikirimkan secara internal dari lembaga kepada para dosen sejak tahun 2011 hingga 2014. Data diperoleh dengan teknik catat, kemudian diklasifikasikan melalui metode kontekstual dengan memperhatikan tipe-tipe tindak tutur (speech act) yang ada. Analisis data dilakukan dengan teknik Interpretif dan penyajian hasil analisis data dilakukan secara deskriptif.Dari analisis data dapat disimpulkan: dari 49 surat yang dikirimkan kepada para dosen terdapat tiga tipe tindak tutur yaitu Asertif, Direktif, dan Komisif Tipe tindak tutur Asertif terdapat pada 28 data (35,44 %), Direktif berjumlah 43 (54.43%), dan tipe Komisif berjumlah 8 (10,13 %)

Item Type: Book
Subjects:
Depositing User: toto andri pupito
Date Deposited: 01 Aug 2019 02:02
Last Modified: 01 Aug 2019 02:02
URI: http://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/21

Actions (login required)

View Item View Item