Peningkatan hasil belajar bidang studi ilmu pengetahuan alam melalui metode demonstrasi kelas III di SDN 5 Metro Pusat tahun pelajaran 2018/2019

Fauziah Hawiyah, Nurul (2019) Peningkatan hasil belajar bidang studi ilmu pengetahuan alam melalui metode demonstrasi kelas III di SDN 5 Metro Pusat tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 169.FTIK.2019.pdf - Other

Download (4MB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar merupakan hal yang sangat penting dalam pendidikan, yang dilakukan oleh guru dan siswa untuk menghasilkan sebuah perubahan tingkah laku. Namun kenyataannya masih terdapat siswa di SDN 5 Metro Pusatkhususnya kelas III yang mendapat hasil belajar kurang maksimal atau dibawah KKM. Hal ini disebabkan berbagai faktor, mulai dari guru yang menerapkan metode pembelajaran yang kurang sesuai, lingkungan yang kurang posiif, sarana belajar yang belum digunakan secara maksimal maupun dari masalah siswa itu sendiri. Banyak siswa yang masih kesulitan dalam mengerjakan tugas-tugas yang diberikan oleh guru, bahkan siswa mengalami kesulitan apabila guru memberikan pertanyaan-pertanyaan seputar materi pelajaran yang telah dipelajari. Siswa sering kali diberi kesempatan untuk bertanya namun siswa hanya diam tidak berani bertanya bahkan merasa malu sementara siswa belum memahami materi yang disampaikan oleh guru pada saat proses pembelajaran berlangsung.

Berdasarkan permasalahan yang penulis dapatkan dari hasil wawancara, observasi, dan tes penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan judul “Peningatan Hasil Belajar Bidang Studi Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Demonstrasi Kelas III di SDN 5 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2018/2019”. dengan jumlah siswa sebanyak 31 siswa pada materi Energi.

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), Peneliti bertindak sebagai guru dan mitra kolaborasi yaitu guru kelas III sebagai observer. Pembelajaran dilakukan selama 2 siklus dengan 4 kali pertemuan. Model pengumpulan data menggunakan tes tertulis, lembar observasi untuk mengamati aktivitas mengajar guru serta dokumentasi untuk mengetahui profil dan keadaan sekolah.

Hasil penelitian dengan penggunaan metode demonstasi dapat diketahui bahwa persentase hasil belajar siswa pada akhir siklus I sebesar 58,06% sedangkan persentase hasil belajar siswa pada akhir siklus II mampu mencapai 74,19% sehingga persentase hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II secara keseluruhan mengalami peningkatan sebesar 16,13%.Berdasarkan hasil penelitian maka dapat diambil kesimpulan, bahwa penggunaan metode demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam SDN 5 Metro Pusat Tahun Pelajaran 2018/2019.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:48
Last Modified: 19 Nov 2019 07:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/211

Actions (login required)

View Item View Item