Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Negeri 03 Mengandung Sari Tahun Pelajaran 2017/2018

Dewi, Vivi Ratna (2018) Penggunaan Model Cooperative Learning Tipe Picture And Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas III SD Negeri 03 Mengandung Sari Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
VIVI RATNA DEWI 14120755.pdf - Other

Download (3MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SD Negeri 3 Mengandung Sari. Hal ini disebabkan karena siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar, kurangnya fokus belajar siswa, dan kurangnya variasi dalam proses belajar mengajar.Model pembelajaran cooperative learning tipe picture and picturememiliki kelebihan untuk meningkatkan siswa agar berfikir logis dan sistematis, mengembangkan motivasi belajar siswa, dan lebih mengetahui kemampuan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas III SD Negeri 3 Mengandung Sari.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari aspek perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan (pretest dan postest), lembar observasi dan dokumentasi. Teknis analisis yang digunakan adalah kualitatif dan kuantitatif. Data kualitatif melalui observasi selama proses pembelajaran seperti lembar observasi, aktivitas guru dan siswa, dan data kuantitatif melalui tes hasil belajar.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 59,6% dengan presentase ketuntasan belajar siswa sebesar 61%. Sedangkan nilai rata-rata siswa pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 83,75% dengan presentase ketuntasan hasil belajar siswa sebesar 86%.

Berdasarkan peningkatan hasil tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa, penggunaan model Cooperative Learning Tipe Picture And Picturedapat meningkatkanhasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika kelas III SD Negeri 3 Mengandung Sari Kecamatan Sekampung Udik Lampung Timur Tahun Pelajaran 2017/2018 dengan materi pokok Menghitung Keliling dan Luas Persegi dan Persegi Panjang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 06 Feb 2020 02:00
Last Modified: 06 Feb 2020 02:00
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2110

Actions (login required)

View Item View Item