Manajemen Perilaku Nasabah Oleh PT.BPRS Metro Madani KC. Jatimuly

Apriyanti, Reni (2017) Manajemen Perilaku Nasabah Oleh PT.BPRS Metro Madani KC. Jatimuly. Diploma thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
RENI APRIYANTI -14123248.pdf - Other

Download (1MB) | Preview

Abstract

Manajemen perilaku nasabah merupakan proses untuk mengatur tindakan-tindakan yang direncanakan berdasarkan tingkahlaku yang dimiliki seseorang untuk memperoleh barang/jasa yang diinginkan sesuai dengan kebutuhanya. Perilaku nasabah pasar Jatimulyo yang ditunjukan diantaranya enggan datang ke bank karena kesibukan mereka. Kesibukanmeraka ada yang berdagang di pasar, menunggu toko hingga ibu rumah tangga, yang enggan datang ke bank tersebut ada yang kurang percaya diri untuk datang ke bank karena anggapan meraka bahwa orang yang datang ke bank pasti memiliki banyak uang, adanya rasa kurangnyapercaya terhadap bankterutama jika ada yang menggantikan petugas bank yang biasanya mengambil tabungan, banyak bicara dan mengomel saat sistem mengalami gangguan yang menyebabkan data belum terinput ke dalam buku tabungan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui manajemen perilaku nasabah oleh PT. BPRS Metro Madani Kc. Jatimulyo di lakukan.Manfaat Penelitian, diantaranya: secara teoritis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan sumbangan pemikiran untuk memperluas dan memperdalam wawasan dibidang manajemen serta menambah pengetahuan mengenai perilaku nasabah.sedangkan secara praktis, penelitian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada pembaca mengenai manajemen perilaku nasabah di PT. BPRS Metro Madani Kc. Jatimulyo.

Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di PT. BPRS Metro Madani Kc. Jatimulyo. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data penulis menggunakan metode wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis dengen menggunakan metode analisis kualitatif yang bersifat induktif.

Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa manajemen yang dilakukan PT. BPRS Metro Madani Kc. Jatimulyo yaitu dengan mendatangi para nasabah untuk menarik tabugan, dalam hal ini dilakukan oleh account officer funding. Selain itu pihak bank menerapakan fungsi manajemen POAC untuk meningkatkan pelayanan yang diberikan kepada nasabah dengan memetakan nasabah yang ada di PT. BPRS Metro Madani Kc. Jatimulyo berdasarkan perilaku yang ditimbulkan oleh macam-macam perilaku nasabah yang ada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Saiful Manaf M.Pd.I
Date Deposited: 06 Feb 2020 07:03
Last Modified: 06 Feb 2020 07:03
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/2126

Actions (login required)

View Item View Item