Peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa SD Negeri 6 Metro Timur tahun pelajaran 2018/2019

Avriana, Rina (2019) Peningkatan hasil belajar Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) dengan menggunakan model pembelajaran tipe Think Pair Share (TPS) pada siswa SD Negeri 6 Metro Timur tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[img]
Preview
PDF
Skripsi 173.FTIK.2019.pdf - Other

Download (5MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil penelitian prasurvei, pada hasil nilai mid semester mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial tahun pelajaran 2017/2018 terdapat siswa yang belum mencapai KKM yang berlaku, dikarena kurangnya minat belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial. Bedasarkan uraian tersebut maka rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah model pembelajaran Coooperative tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial kelas V SD Negeri 6 Metro Timur tahun pelajaran 2018/2019?”.

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS pada siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Timur, setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran cooperative tipe Think Pair Share (TPS). Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan setiap siklus terdiri dari tiga kali pertemuan, tahapannya meliputi perencanaan, pelaksanaan observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 6 Metro Timur pada pembelajaran IPS semester genap T.A 2018/2019 yang berjumlah 27 siswa, terdiri dari 15 siwa laki-laki dan 12 siswi perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi untuk mengetahui aktivitas belajar siswa, tes untuk mengetahui hasil belajar siswa dan Dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian yaitu menggunakan teknik analisis kuantitatif dan kualitatif.

Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 63,0%. Pada siklus II terjadi peningkatan sebesar 77,8% dan telah mencapai ketuntasan belajar lebih dari 70% pada akhir siklus. Maka dapat disimpulkan bahwa pengunaan model pembelajaran cooperative tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SD Negeri 6 Metro Timur.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Aan Gufroni .
Date Deposited: 19 Nov 2019 07:48
Last Modified: 19 Nov 2019 07:48
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/217

Actions (login required)

View Item View Item